Kota Padang Terima Penghargaan Dari Kemenkes

157
HENDRI SEPTA

Pemerintah Kota Padang kembali menerima penghargaan nasional. Kali ini penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Open Devication Free) Award 2022 bagi Kota Padang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar dari Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr. Dante Saksono Harbuwono dalam acara Anugerah Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan (Kesling) Tahun 2022 di Hotel Discovery Taman Impian Jaya Ancol, Rabu (23/11).

Usai menerima penghargaan Sekko Andree Algamar mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih tersebut. Prestasi ini sebuah apresiasi dari Kemenkes bagi Kota Padang sebagai kota STBM pada upaya memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam penyediaan layanan sanitasi berbasis masyarakat di tahun 2022.

“Semoga penghargaan ini menjadi pelecut semangat bagi kita untuk terus meningkatkan penyediaan STBM di Kota Padang,” beber Andree saat mewakili Wali Kota Padang menerima penghargaan tersebut.

Menurutnya, tujuan STBM yakni untuk mencegah penyakit berbasis lingkungan, memberdayakan hidup bersih dan sehat. Selain itu, STBM juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat sekaligus meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar yang berkesinambungan bagi sebuah daerah.

Baca Juga:  Sinergi Mandiri Taspen-Kimia Farma untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan Nasabah

Sementara itu, Wamenkes dr. Dante Saksono Harbuwon menjelaskan, penghargaan tersebut sebagai bentuk mengapresiasi kinerja pemerintah daerah, petugas dan institusi dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Hal ini juga dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 dan juga untuk percepatan transformasi kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Adapun tujuannya sebagai salah satu bentuk advokasi dan meningkatkan komitmen pembinaan untuk mendorong dan menstimulasi keberhasilan penyelenggaraan program penyehatan lingkungan.

“Pada penghargaan bidang kesling 2022 ini kita memberikan penghargaan terkait selain STBM Award juga Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS) dan Penghargaan Penyelenggaraan Kesling Rumah Sakit. Selain itu juga Penghargaan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi,” jelasnya.

Selamat bagi pemerintah daerah, petugas dan institusi yang menerima penghargaan ini. Semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan. “Bagi kabupaten/kota dan institusi yang tidak menerimanya saya juga berharap dapat melakukan hal yang sama,” ujarnya. (eri)