Penebangan Trembesi Sudah Disetujui DLH

31
TINGKATKAN PELAYANAN: Pemasangan pipa Perumda Air Minum Kota di sepanjang jalan raya Indarung-Rimbodata hampir rampung, kemarin. Pihak Perumda bakal menanam lagi pohon pelindung yang ditebang.(IST)

Perumda Air Minum Kota Padang terus berupaya meningkatkan pelayanan. Seperti penggantian pipa dengan yang baru untuk meningkatkan kualitas air yang mengalir kepada pelanggan. Saat ini, Perumda Air Minum Kota Padang sedang melakukan pemasangan pipa DN 250 HDPE di sepanjang jalan raya Indarung-Rimbodata yang hampir selesai dikerjakan.

“Pemasangan pipa ini merupakan upaya Perumda Air Minum Kota Padang untuk meningkatan kualitas pelayanan air bersih untuk masyarakat di kawasan Araipinang, Pegambiran, Jondulrawang, Mataair dan area selatan Kota Padang lainnya yang selama ini belum mendapatkan pelayanan air bersih secara optimal,” ujar Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal dalam pres relisnya kemarin.

Hendra Pebrizal mengatakan, pemasangan pipa sepanjang jalur ini sudah melalui koordinasi dengan beberapa instansi terkait seperti Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Barat dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang.

“Sebelum pekerjaan dimulai, rapat teknis mengenai pemasangan pipa pada jalur tersebut telah dilakukan pada bulan Ramadhan tahun ini,” jelasnya.

Terkait penebangan pohon trembesi yang berada di sepanjang jalur pemasangan pipa, lanjutnya, juga sudah dikoordinasikan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang.

“Sudah ada kesepakatan serta persetujuan dari DLH Kota Padang, setiap pohon yang ditebang selama proses pemasangan jaringan pipa ini, nantinya akan diganti kembali dengan pohon yang sama atau pohon yang telah disepakati pihak DLH yaitu pohon tanjung dan pohon pucuk merah,” ujarnya.

Baca Juga:  Jelang Nataru, Harga Telur Naik Lagi

Dia mengatakan, penanaman pohon tersebut segera dilakukan begitu seluruh proses pemasangan pipa telah selesai dilakukan, agar tidak ada lagi pembongkaran terhadap area yang dilalui pipa tersebut.

“Perumda Air Minum Kota Padang juga mohon maaf kepada pelanggan dan masyarakat yang terdampak atas pekerjaan pemasangan pipa ini. Semua akan dikembalikan seperti semula, begitu pekerjaan selesai. Pemanfaatan area penanaman pohonpun akan dikembalikan seperti awal,” ujarnya.

Dia berharap masyarakat bersabar, sebab hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat Kota Padang dapat menikmati layanan air bersih dengan maksimal. Diberitakan sebelumnya, Ketua DPC Gerindra Kota Padang Verry Mulyadi menyorot penebangan pohon trembesi di jalan tersebut. Pria yang juga tokoh masyarakat setempat menyayangkan kondisi itu karena bakal merusak lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menyebut juga sudah menerima keluhan terkait persoalan itu. Bahkan pohon yang ditebang juga sudah didata. Ia mengakui sebelumnya PDAM sudah berkoordinasi dengan DLH Padang. Dengan perjanjian bahwa akan ada perbaikan median jalan serta pengantian pohon yang ditebang. (eni/rel)