Puluhan Miliar Uang Bakal Berputar di Rakernas Apeksi

10
PAPARAN: Asisten 1 Setko Padang Edi Hasymi memaparkan persiapan Pemko Padang menyambut pelaksanaan Rakernas Apeksi ke-15, kemarin.(IST)

Pemerintah Kota Padang memperkirakan sekitar Rp 40 miliar uang akan berputar pada pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 yang akan digelar di Kota Padang pada 7-10 Agustus 2022 mendatang.

Asisten 1 Setko Padang, Edi Hasymi mengatakan, Rakernas Apeksi akan diikuti 98 kota. Dimana satu kota minimal akan membawa paling sedikit 30-40 orang. Artinya paling tidak ada 3.000-4.000 orang yang akan berkunjung ke Kota Padang.

Berdasarkan itu, maka diperkirakan sebanyak Rp 40 miliar uang akan beredar di Kota Padang. Uang puluhan miliar itu dihitung dari pembelian tiket pesawat, penginapan di hotel, belanja dan lainnya.

“Ini adalah cara Pemko Padang untuk membangkitkan kembali perekonomian Kota Padang,” kata Edi Hasymi didampingi Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy, Sekretaris Diskominfo Titin Masfetrin di Media Center Balaikota Padang, kemarin.

Ia menyampaikan Kota Padang tidak punya Pendapatan Asli Daerah yang besar, sehingga bergantung pada pariwisata terutama sektor perhotelan, kuliner hingga souvenir.

Iven ini juga sejalan dengan pencanangan tahun kunjungan wisata Sumbar 2023 dengan memperbanyak kunjungan ke Sumbar.

Baca Juga:  Bangun Workshop Alat Berat, BPVP Padang Gelar FGD Pertambangan

Ia juga menyampaikan iven ini tidak hanya akan dinikmati oleh Kota Padang saja, namun juga daerah lain. Sebab mereka pasti akan berkunjung ke daerah lain seperti Bukittinggi, Batusangkar dan daerah lainnya.

Sementara itu, terkait dengan ketersediaan penginapan, Pemko Padang telah bekerja sama dengan Pengelola Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar untuk memastikan penginapan para tamu.

“Saat ini tercatat ada 7.000 kamar hotel di Padang dan kami menyakini semua mencukupi untuk kebutuhan penginapan peserta,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan ASITA Pusat untuk berkomunikasi dengan maskapai penerbangan menyiapkan penerbangan tambahan.

Edi Hasymi menyampaikan iven seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pelaku usaha pariwisata karena akan berdampak pada peningkatan kunjungan hotel, kuliner hingga penyewaan kendaraan.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan Rakernas Apeksi ini, Pemko Padang menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar. Dengan harapan bisa mendatangkan manfaat ekonomi yang luar biasa bagi Kota Padang. (cr5)