Bertambah Dua Pasien Positif di Padang, Berikut Kluster Penularannya

Kepala Dinkes Kota Padang, Ferimulyani.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang mengonfirmasi penambahan dua kasus baru pasien positif virus korona (Covid-19), Sabtu (25/4) siang.

Dengan adanya penambahan tersebut, maka total pasien positif Covid-19 di Kota Padang berjumlah 61 orang.

Kadinkes Padang Ferimulyani mengatakan, dua pasien positif Covid-19 itu terjangkit di dua kluster penularan virus Covid-19 terbanyak, yaitu kluster Pasar Raya Padang dan Pegambiran Kecamatan LubukBegalung (Lubeg).

“Satu pasien positif pertama hari ini berasal dari Kelurahan Rimbokaluang Kecamatan Padang Barat. Dari tracking yang dilakukan, pasien tertular virus Covid-19 dari kluster Pasar Raya Padang,” jelasnya.

Sementara pasien kedua, katanya warga asal kelurahan Pegambiran Kecamatan Lubeg yang tertular dari kluster Pegambiran.

“Dengan adanya dua penambahan itu, maka kasus pasien positif Covid-19 di Kota Padang hari ini berjumlah 61 orang. Kota Padang merupakan daerah yang paling banyak ditemukan pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumbar,” ungkapnya.

Bukan Pasien Korona

Menyikapi informasi yang beredar di media sosial Facebook tentang evakuasi jenazah di salah satu rumah di kawasan Siteba, Kecamatan Nanggalo dengan protap Covid-19, Feri menyebutkan, jenazah tersebut bukan pasien positif Covid-19.

Ia menambahkan, alasan evakuasi menggunakan protap Covid-19, karena keluarga dan masyarakat sekitar takut dengan merebaknya virus Covid-19.

“Jadi tidak benar jenazah itu positif Covid-19. Jenazah merupakan orang dengan gangguan kejiwaan. Karena keluarganya takut menyelenggarakan jenazah, maka kami bawa ke rumah sakit (RS),” tukasnya.

Lebih lanjut Feri menyampaikan, sampai saat ini, dua dari 11 Kecamatan di Kota Padang belum ditemukan kasus positif virus Covid-19 yaitu Kecamatan Nanggalo dan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab).

“Sedangkan kelurahan yang ditemukan kasus positif virus Covid-19 bertambah satu hari ini, yaitu Kelurahan Rimbokaluang. Kemarin ada 28 Kelurahan, sekarang menjadi 29 Kelurahan,” jelasnya.

Berdasarkan data situasi terkini perkembangan Covid-19 di Kota Padang, tercatat sebanyak 61 kasus positif Covid-19 dengan rincian 13 pasien sembuh dan sembilan meninggal dunia.

Kemudian, data Pelaku Perjalanan Daerah Terjangkit (PPT) ada sebanyak 3033 dalam pantauan, 113 baru dipantau, dan 88 selesai dipantau. Lalu, Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 155 orang, ODP sebanyak 43 orang, dan PDP sebanyak 96 orang.(esg)