7 Pengemis dan Anjal Ditertibkan

13
Petugas Satpol PP Padang saat melakukan penertiban terhadap 7 orang anjal dan pengemis di salah satu perempatan lampu merah, kemarin. (IST)

Tujuh orang yang diduga pengemis dan anak jalanan (anjal) kembali diamankan petugas Satpol PP Kota Padang, di kawasan Jalan Bypass dan Jalan Sawahan Rabu (24/6). Aktivitas 7 pengemis dan anjal tersebut telah mengganggu ketentraman masyarakat dan ketertiban umum (trantibum) di Kota Padang.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, ketujuh pengemis dan anjal diamankan oleh petugas Satpol PP saat sedang melakukan aktivitas meminta-minta di perempatan lampu lalu lintas sehingga mengganggu akses lalu lintas di kawasan tersebut.

Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi membenarkan ketujuh 7 orang tersebut diamankan karena telah mengganggu ketertiban serta juga sangat membahayakan bagi keselamatan mereka. Selain itu juga meresahkan pengguna jalan raya.

Tujuh orang pengemis dan anjal tersebut kemudian dibawa ke Mako Satpol PP Padang untuk dilakukan pendataan dan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah didata, ketujuh pengemis dan anjal diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang untuk diberikan pembinaan lanjutan. Hal ini dilakukan guna memberikan efek jera sehingga mereka tidak lagi kembali ke jalanan untuk mengulangi aktivitasnya kembali.

“Personel kita setiap waktu akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang mengganggu ketertiban umum serta kenyamanan masyarakat banyak. Kepada mereka yang diamankan ini kita serahkan ke Dinas Sosial dan berharap mereka tidak mengulangi kegiatan tersebut,” tutup Alfiadi. (a)