Cawawako, PAN Sumbar Tunggu Persetujuan DPP

11
Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo.(IST)

Dua nama kader PAN sudah diusulkan DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sumbar ke DPP untuk menjadi calon wakil walikota Padang. Nama Ekos Albar dan Amril Amin sudah dikirimkan ke DPP sejak 14 Agustus. Saat ini, DPW PAN Sumbar masih menunggu siapa yang disetujui untuk mendampingi Wako Padang Hendri Septa.

Hal ini disampaikan Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo, kemarin (24/8). Wakil Ketua DPRD Sumbar ini mengatakan dua orang tersebut merupakan kader terbaik yang diusulkan sebagai calon wakil walikota Padang.

Menurutnya, DPW PAN Sumbar membuka peluang bagi seluruh kader untuk maju sebagai calon dan setelah dilakukan pembahasan maka hanya dua calon yang siap untuk maju.
“Keduanya siap untuk maju baik secara pengalaman politik serta kesanggupan secara fisik dan finansial,” katanya.

Disampaikannya, jika persetujuan DPP PAN sudah ada, maka nama yang terpilih akan diminta melakukan komunikasi politik dengan partai politik dan anggota DPRD Padang. Pasalnya yang akan menentukan siapa calon wakil wali kota adalah anggota DPRD Padang.

“Silakan nanti menjalin komunikasi politik. Termasuk dengan PKS yang kabarnya juga bakal mengusulkan nama calonnya,” kata Indra.

Ia mengatakan, untuk Amril Amin merupakan wakil ketua DPRD Padang dan anggota DPRD Padang selama dua periode. Kemudian untuk Ekos Albar merupakan wakil bendahara umum DPP PAN. Selain itu juga telah beberapa kali maju di Pilkada baik sebagai anggota DPR dan kepala daerah.

“Dua nama ini kita usulkan ke pusat dan kita menunggu nama yang ditetapkan DPP ke DPW PAN Sumbar,” katanya.

Baca Juga:  Diskusi di Rajo Corner Padang: Sampah Peluang Ekonomi Bagi yang Tahu

Ia menyatakan surat ke DPP dikirim pada 14 Agustus lalu dan dirinya berharap segera dapat balasan nama tersebut. “Kita serahkan ke DPP, bisa saja satu nama yang turun atau bisa juga dua nama yang turun. Atau ada nama lain yang disetujui DPP,” katanya.

Disebutkannya, DPW PAN Sumbar memiliki tahapan dalam mengajukan calon ini. Pengusulan ini memang sedikit lambat karena pihaknya ingin mencari kader terbaik yang diusulkan untuk wakil wali kota. Setelah ada hasilnya nanti diserahkan kepada DPRD Padang untuk memilih.

Disebutkannya, kader PAN memiliki peluang untuk mendampingi Hendri Septa. Meski Hendri Septa dari PAN, tak ada aturan yang menentukan kalau wakil penggantinya dari PKS. “Makanya nanti calon dari PAN, kita minta untuk melakukan komunikasi dengan anggota DPRD Padang,” katanya.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Tingkat Daerah (DPTD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Padang sudah merilis dua nama tokoh yang akan diberikan mandat untuk menggantikan jabatan Hendri Septa sebagai wakil walikota Padang.

Dua nama tersebut adalah H. Muharlion, Ketua DPD PKS Kota Padang yang juga Ketua Fraksi PKS Kota Padang dan H. Mulyadi Muslim Datuak Said Marajo Nan Putiah Sekretaris MUI Padang.

“Kedua nama tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari DPP PKS, DPW PKS Sumbar dan DPD PKS Kota Padang,” ungkap Ketua MPD PKS Kota Padang. (eko)