Menyentuh Rasa, Mengembangkan Kreativitas

9
OLEH: DESWITA Guru Penggerak SMA Negeri 8 Padang

Saya sangat tertarik sekali dengan Laman Guru yang menjadi lembaran khusus bagi kalangan pendidikan di Sumbar. Saya sangat apreasitif kepada harian padang Ekspres yang merupakan Koran terbesar di Sumatera Tengah.

Saya sangat bangga ketika redaksi Laman Guru Padang Ekspres mengundang saya untuk menulis karena saya merupakan salah seorang Guru Penggerak dari SMA negeri 8 Padang.

Saya bahagia dan sangat senang mendapat undangan menulis dari Laman Gru ini. Walaupun saya kurang mahir dalam menulis, namun ini hari saya sempatkan menulis di sela-sela kesibukan saya sebagai guru ngajar di kelas XI IPS dan kelas XII IPS.

Ketika saya diundang menulis, kepada redaksi Padang Ekspres saya bertanya, apa tema yang akan saya tulis. Redaksi menjawab, temanya terserah saya. Hari ini saya ingin mengambil tema tentang kreativitas siswa yang perlu kita dukung bersama.

Berikut pengalaman saya semasa menjadi Pembina Osis dan menjadi Wakil Kepala Sekolah bidang Humas di SMA 8 Padang. Sewaktu menjadi Pembina Osis, saya sangat mendukung kegiatan siswa. Terkadang ada di antara kita –para guru—yang menganggap, bahwa yang belajar itu hanya di kelas.

Hanya yang berbhubungan dengan mata pelajaran. Sementara, ketika siswa kita hendak mengadakan kegiatan Osis, ada di antara kita yang cendrung mematahkan semangat mereka.

Baca Juga:  TOP SEKOLAH: Taji Sma 8 Padang Kian Garang, 8 Siswa Lolos Bintara Polisi

Misalnya: “ Ah, untuk apa itu ikut lomba. Untuk apa itu mengadakan festival-festivalan. Itu hanya akan mengganggu kita dalam belajar. Soal perkataan begini, sering kita dengar. Ada di antara kita yang menganggap, kegiatan ekstra kurikuler itu tidak penting.

Saya sejak dulu menganggap bahwa kegiatan esktra kurikuler itu penting. Penting bagi keseimbangan mereka . Maksudnya keseimbangan antara otak kiiri dan otak kanan. Saya sangat mendukung siswa yang hendak merencanakan sebuah kegiatan.

Ketika mereka merencanakan sebuah kegiatan, itu akan melatih mereka untuk bagaimana menyusun proposal. Itu akan melatih mereka untuk bagaimana mewujudkan perencanaan menjadi sesuatu yang dapat mereka wujudkan bersama-sama.

Kegiatan siswa di luar local itu juga dapat membantu siswa dalam kehidupan sosial dan bersosialisasi dengan lingkungan. Bahwa sesungguhnya, mari kita beri siswa kita jalan lapang untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Mari kita dukung mereka untuk mengangkat sebuah acara. Jangan kita sinisi mereka.

Selamat berkreativitas. Yang penting, mari kita sentuh “rasa” mereka. Jangan patahkan “rasa” yang ada dalam pikiran mereka. Kalau rasa itu kita sentuh, mereka akan dapat mengembangkan pikiran mereka menjadi sebuah bentuk kreativitas !