TOP SEKOLAH: Taji Sma 8 Padang Kian Garang, 8 Siswa Lolos Bintara Polisi

7
GIAT: Para pelajar SMAN 8 Padang ketika menjalani latihan bola voli di sekolah mereka. Bola voli menjadi salah satu cabang favorit bagi sekolah yang bermarkas di pingir kota tersebut.(IST)

Dulu, boleh saja memandang sekolah ini sebelah mata, tapi sekarang; Jangan, kawan! Dulu, boleh saja menagnggap sekolah ini sekolah pinggiran kota. Sekarang? Jangan, sanak.

SMA Negeri 8 Padang, sejak tiga tahun belakangan ini muncul sebagai sekolah yang berprestasi di akademik dan non-akademik. Sekolah ini terletak di jalan Adinegoro KM 18. Tepatnya, di kelurahan Batipuhpanjang Kototangah Padang.

Sejak tiga tahun belakangan ini prestasi SMA Negeri 8 Padang terus meningkat. Tahun kini, sebanyak 52 persen dari siswanya diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Tiga tahun sebelumnya, tercatat hanya sekitar 40-an persen.

Prestasi siswa mereka yang paling spektrakuler pada tahun 2021 adalah ketika 8 orang siswa SMA Negeri 8 Padang lulus seleksi bintara polisi dan satu orang lulusw bintara TNI.

“Alhamdulillah, 8 orang siswa kita lulus masuk polisi tahun ini dan satu orang siswa kita lulus masuk bintara TNI,” ujar Drs Evidel, kepala SMA Negeri 8 Padang yang menjabat sejak bulan Desember 2018.

Ini prestasi luar biasa. Jarang ada adalam sejarah penerimaan anggota Polri, satu sekolah dapat menghantarkan siswanya lulus sebanyak 8 orang secara serentak.

Mengapa ini bisa terjadi? Apakah siswa itu sebelum test mereka sudah bimbingan belajar (bimbel) di berbagai kursus “kepolrian”?

Jawab Evidel singkat: “Tidak !”

Kok bisa?

“Karena di sekolah kami ekstra kurikuler renang, voli, basket dan futsal sangat aktif.Dengan sendirinya fisik mereka terlatih. Ke delapan siswa yang diterima tersebut mengikuti ekskul olahraga. Jadi, pisik dan disiplin mereka terlatih,” kata Pak Pidel, begitu panggilan akrab Evidel.

SMA Negeri 8 terkenal dengan kedisiplinanya.Menurut pak Pidel, disiplin itu adalah salah satu kunci sukses dan membentuk karakteristik siswa. Siswa menjadi berkarakter dan berintegritas !

Sekolah ini, ya luar biasa. Ketika dilaksanakan Gebyar Vaksin tanggal 24 September yang digelar Polda Sumbar bekerja-sama dengan Dinas Pendidikan Sumbar , ketika SMA 8 Padang dipercayakan sebagai tempat penyelenggara, Alhamdulillah, gebyar vaksin itu mendapat sambutan hangat warga lingkungan dan siswa serta guru SMA 8.

Tercatat total yang divaksin adalah sekitar 1000 orang. Kegiatan vaksin di SMA 8 ini dibuka langsung Kapolda Sumbar Irjen Polisi Teddy Minahasa Putra dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Fikri dan Kadis Kesehatan Sumbar.

Apa yang menonjol di sekolah ini?

Ya, futsal dan basket serya bolavoli. Kqalau soal Futsal antar SMA di Sumbar, wah…SMA 8 Padang tak akan terkalahkan. Ia langganan juara Futsal se SMA Sumbar. Soal basket, tim basket putrinya terkenal kuat. Voli? “Pokoknya, kita tak kalah-kalah amat dalam prestasi voli,” ujar Evidel.

Baca Juga:  Perkuat Soliditas dan Solidaritas, Wako Pimpin Upacara HUT Ke-50 Korpri

SMA Negeri 8 Padang unggul di olahraga, itu diakui publik. Bagaimana dengan prestasi akademiknya, apakah sehebat prestasi nonakademik?

Mari kita sibak prestasi sekolah ini.

Ada 9 bidang Olimpiade Sains. Selama ini di olimpiade sains, siswa SMA Negeri 8 tak pernah masuk. Terus terang saja, kita tahu bahwa siswa yang masuk ke SMA negeri 8 bukanlah siswa yang berasal dari SMP yang prestasi akademiknya bagus. Bahkan, sebagian orang menyebutnya, SMA 8 ini akan sulit berprestasi di bidang akademik.

“Tapi, tak ada yang tak mungkin di atas dunia ini. Tak ada orang atau siswa yang terlalu bodoh dan tak ada pula yang teramat pintar.Yang ada adalah bagaimana cara kita untuk berupaya mengembangkan prestasi akademik siswa. Caranya dengan selalu mendatangkan narasumber-narasumber dari UNP untuk melatih siswa supaya lolos Olimpiade Sains. Berkat keyakinan dan kesungguhan, ternyata empat orang siswa SMA Negeri 8 Padang dinyatakan lulus berkompetisi di tingkat propinsi. Dari empat orang yang lulus tersebut, satu orang dari cabang fisika, satu orang kimia, dan dua orang dari astronomi,” terang Evidel.

Hebat nian prestasi SMA Negeri 8. Jangankan untuk tembus ke tingkat propinsi, ke tingkat Padang saja mereka diragukan. Tapi, berkat kesungguhan dan kebersamaan, 4 orang siswanya melaju ke tingkat propinsi di tahun ini.

Ini ada informasi tambahan. Tahun 2019, pada lomba tata upacara kota Padang, SMA Negeri 8 Padang Juara I. sampai kini, piala bergilir yang diraih SMA Negeri 8 padang, masih berada di ruang kepsek.

Kita tahu, juara lomba tata upacara adalah sebuah perlombaan yang sangat bergengsi di kalangan para pelajar. Suatu hal yang didambakan. Karena, pada Lomba tata Upacara bendera tergambar kedisiplinan sekolah dan kebersamaan sekolah. Juara itu ada di tangan siswa SMA Negeri 8 Padang. Artinya, SMA 8 Padang, hebat di akademik , jago dan kuat di non-akademik.

Kini, SMA Negeri 8 Padang menjadi sekolah yang dapat memberikan kebanggaan di tengah kota. SMA Negeri 8 Padang, karena prestasinya itu menjadikan sekolah ini terkemuka. Dan tak lagi dianggap sekolah pinggiran.
Wow…(*)