Dongkrak Ekonomi Lewat Iven Nasional

22
Muharlion.(IST)

Hingga akhir Mei 2023, Kota Padang menjadi tuan rumah dari sejumlah iven dan kegiatan berskala Nasional, seperti Latsitarda Nusantara ke-43, rapat kerja nasional (rakernas) Indonesia Marketing Association (IMA), dan Penas KTNA.

Banyaknya event tersebut harusnya bisa dimanfaatkan oleh Pemko Padang dalam rangka mengerakkan sektor ekonomi dan pariwisata di Kota Padang. Hal tersebut dikatakan oleh Anggota DPRD Kota Padang Muharlion.

Muharlion mengatakan, dalam setiap kegiatan skala nasional yang dilaksanakan di Kota Padang, peranan pemko sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat.

Ia menilai, dengan banyaknya orang berkunjung ke Kota Padang, pemerintah bisa memfasilitasi mereka untuk berwisata dan menjelajahi Kota Padang sebagai bentuk promosi dan sekaligus mendorong perputaran ekonomi.

“Ini yang kita lihat masih belum berjalan dengan maksimal dimana kita bisa memberdayakan insfrastruktur seperti bus Trans Padang dan sebagainya untuk memfasilitasi para pengunjung event kegiatan untuk menuju daerah-daerah destinasi wisata di Kota Padang. Dengan demikian, Pemko Padang dapat mempromosikan wisata dan kuliner sekaligus membuat pengunjung terkesan dan ingin kembali ke Kota Padang nantinya,” katanya.

Baca Juga:  Alfin Alfarisi Wakili Padang Jadi Paskibraka Nasional, Wako Beri Bonus Rp5 Juta

Selain itu, ia mengatakan Pemko Padang juga mesti ikut mengerakkan UMKM secara merata sehingga selama pagelaran kegiatan event-event besar tersebut berjalan, perekonomian juga ikut berputar. “Dengan mendukung UMKM tersebut, maka mereka dapat bangkit pasca-Covid-19,” ujarnya.

Demi mendukung perkembangan UMKM, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki rumah kemasan demi menjaga standardisasi produk-produk UMKM di Kota Padang.

“Saat ini kita sudah memiliki rumah rendang, namun dalam pengaplikasiannya belum maksimal. Kita mengharapkan agar Pemko Padang juga mendorong hal tersebut,” ungkapnya.

Ia juga mengharapkan Pemko Padang juga melakukan pembinaan kepada masyarakat demi menjaga kenyamanan para wisatawan ataupun peserta event untuk menikmati pariwisata di Kota Padang. (y)