Ganggu Ketertiban Umum, Satpol PP Peringati Sejumlah Warkop

Petugas Satpol PP Padang memberikan pemahaman dan pengertian kepada pemilik dan pengelola warung kopi dan tempat tongkrongan di sejumlah titik di Kota Padang. (IST)

Diduga melakukan aktifitas yang menganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, sejumlah warung kopi (warkop), dan tongkrongan anak muda di Padang ditegur petugas Satpol PP Padang pada Kamis (26/11/2020) dini hari.

Teguran ini berawal dari laporan masyarakat kepada Satpol PP yang mereka terganggu dengan aktifitas serta kegiatan tempat tongkrongan ini hingga larut malam. Tempat minum barista tersebut meresahkan dan menganggu masyarakat setempat dengan melakukan aktifitas live music setiap malam serta juga menimbulkan keributan.

Menindaklanjuti hal ini, pemilik serta pengelola didatangi oleh petugas, sebagai peringatan mereka ditegur secara adiministrasi. Seperti tempat minuman kopi kawasan Nipah dan kawasan jalan S Parman Padang.

Personel Satpol PP dipimpin Kabid Penegak Peraturan Perundang-undangan Daerah (P3D) Bambang Suprianto dan Kasi Perlindungan Masyarakat, menyampaikan aturan dan ketentuan yang berlaku kepada mereka agar melakukan usaha namun tetap memperhatikan kenyamanan lingkungan. Mereka juga diingatkan agar menerapkan protokol kesehatan.

Petugas menghimbau kepada pengelola agar patuh pada aturan dan ketentuan yang tertuang dalam izin, mereka diminta dalam beroperasi tidak melanggar aturan. Jika kedapatan melanggar aturan tentu petugas akan menegur secara admistrasi berujung penutupan dan pencabutan izin usaha.

Baca Juga:  Jenazah Korban Pesawat Sriwijaya Air Tiba di Padang Hari Ini

“Kita harapkan pengelola tempat tongkrongan ini agar mematuhi aturan dan ketentuan jika kedapatan menyalahi aturan berulang kali tentu berujung pada pencabutan izin,” tegas Bambang.

Sementara itu Kasat Pol PP Padang, Alfiadi, mengatakan selain terus aktif melakukan pengawasan kepada masyarakat terkait Perda Provinsi Nomor 06 tahun 2020 Adaptasi Kebiasaan Baru serta Perwako Padang Nomor 49 tentang Pola Hidup Baru, pihaknya juga akan tetap melakukan pengawasan kepada hal-hal yang menganggu ketertiban umum serta terganggunya kenyamanan masyarakat.

Ia mengimbau kepada seluruh tempat usaha hiburan serta kafe atau sejenisnya agar tidak menyalahi aturan sehingga tidak mendapat teguran atau pun penindakan dari petugas.

“Ke depan pengawasan kepada tempat hiburan serta kafe akan lebih ditingkatkan guna menjaga kenyamanan dan ketertiban di Kota Padang,” tutur Alfiadi. (rel)