Masjid Nurul Iman jadi Islamic Center

Maket pembangunan Masjid Nurul Iman Padang menjadi Islamic Center. (Dok. Diskominfo Padang)

Pemko Padang berencana menjadikan Masjid Raya Nurul Iman Padang menjadi Islamic Center atau pusat kegiatan agama Islam di Kota Padang. Nantinya Masjid Raya Nurul Iman Padang akan masuk dalam program Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Imam Bonjol.

Ketua Pengurus Masjid Raya Nurul Iman Padang, Mulyadi Muslim kepada Padang Ekspres, kemarin (26/1) mengatakan, renovasi Masjid Raya Nurul Iman Padang akan dimulai pada akhir bulan Januari atau bulan Februari.

Nantinya masjid yang merupakan ikon Kota Padang itu tidak hanya sebagai tempat beribadah saja tapi juga sebagai pusat pengetahuan dan edukasi tentang agama Islam.
Mulyadi menjelaskan, pada renovasi tersebut ada beberapa pembangunan baru dan perbaikan interior maupun eksterior masjid.

Untuk tahap awal dilakukan beberapa perbaikan lantai, dinding masjid, menara dan kamar mandi. Namun perbaikan itu masih menunggu proses tender yang saat itu masih berlangsung.

“Anggarannya besar, jadi butuh proses tender. Tender ini juga sempat terjadi kendala nomenklatur dan kebijakan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan mengerjakan proyek tersebut,” ungkapnya.

Setelah pengerjaan dan perbaikan lantai, dinding, kamar, mandi, dan menara selesai, maka nantinya sesuai dengan foto maket bangunan, Kompleks Islamic Center Masjid Raya Nurul Iman Padang juga memiliki tagline besar di halaman depan masjid.

Baca Juga:  Duta GenRe Kota Padang, Wujudkan Generasi Muda Kuat di Masa Datang

“Tagline besar itu juga akan dilengkapi dengan lampu warna-warni sehingga pada malam hari Masjid Raya Nurul Iman Padang akan terlihat lebih indah dan menarik,” ujarnya.
Ia menambahkan, rencananya Kompleks Islamic Center Masjid Raya Nurul Iman Padang juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendidikan di antaranya Sekolah Dasar (SD), minimarket, kantor, dan bangunan-bangunan penunjang kegiatan lainnya.

“Saat ini di Masjid Raya Nurul Iman Padang sudah ada Taman Kanak-kanak (TK). Nantinya diharapkan akan fasilitas pendidikan lebih lengkap lagi sehingga sesuai dengan konsep Islamic Center,” kata Mulyadi.

Dia menambahkan, pembangunan Islamic Center Masjid Raya Nurul Iman akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan. Diharapkan setelah selesai, Islamic Center Masjid Raya Nurul Iman Padang bisa berjalan dan bermanfaat sesuai dengan tujuan dan target yang telah ditetapkan oleh Pemko Padang.

Mulyadi mengatakan, dengan keberadaan Islamic Center juga diharapkan lebih banyak pelatihan dan pengkaderan terhadap para peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang nantinya bisa membanggakan Kota Padang dan Sumbar dalam iven nasional dan internasional.

Selain itu, keberadaan Islamic Center ini bisa menjadi momentum meningkatnya kecintaan masyarakat Kota Padang untuk beribadah dan belajar tentang agama Islam,” tukasnya. (a)

Previous articleKasus KDRT Meningkat 10 Persen
Next article4 Nama Mengapung Gantikan Hendri Septa