Keluarga Minta Jenazah Dibawa Pulang, 14 Warga Isolasi Mandiri

Kepala Dinkes Kota Padang, Ferimulyani.

Sebanyak 14 kasus baru pasien positif Covid-19 dikonfirmasi Pemko Padang, Senin (27/4/2020). Satu orang di antaranya merupakan pasien yang awalnya berstatus dalam pengawasan (PDP), dirawat di salah satu rumah sakit dan meninggal dunia. Hasil swabnya baru diketahui positif hari ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Ferimulyani membenarkan pasien positif yang meninggal tersebut adalah seorang laki-laki berusia 59 tahun berasal dari kawasan UlakKarang, Kecamatan Padang Utara.

Namun saat proses penyelenggaraan jenazah dan pemakaman, pihak keluarganya memaksa dilakukan di rumah.

“Jadi pihak keluarga memaksa jenazah dibawa pulang dan dimakamkan sendiri, dan tidak mengindahkan imbauan yang telah kami beritahukan,” jelasnya.

Pihak keluarga saat pemakaman jenazah tersebut, belum mengetahui hasil apakah salah satu keluarganya itu positif Covid-19 atau tidak. Namun sesuai aturan, penyelenggaraan jenazah PDP seharusnya sesuai protap Covid-19.

Menyikapi kondisi tersebut, maka orang-orang yang berkontak langsung dengan jenazah pasien positif Covid-19, terutama yang menyelenggarakan jenazah, diminta melakukan isolasi mandiri.

“Jumlahnya ada sebanyak 14 orang yang memiliki kontak erat dengan jenazah pasien positif Covid-19 tersebut sehingga kami minta isolasi mandiri,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri jika nantinya ditemukan dan merasakan gejala mirip Covid-19, segera melaporkan diri ke petugas kesehatan dan fasilitas kesehatan lainnya.(esg)