Terlibat Balap Liar dan Tawuran, Puluhan Remaja Diamankan

Puluhan remaja yang terlibat balap liar saat diamankan di Mapolresta Padang, kemarin. (IST)

Bukannya mematuhi aturan pemerintah tentang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), puluhan remaja di Kota Padang malah berkumpul dan melakukan balap liar hingga melakukan aksi tawuran. Alhasil, mereka pun diamankan dan dibawa ke Mapolresta Padang untuk diproses lebih lanjut.

Pantauan Padang Ekspres, Minggu (26/4), selain mengamankan 80 pelaku balap liar, polisi juga mengamankan 42 unit kendaraan di Mapolresta Padang. Kendaraan tersebut diamankan dari sejumlah titik di Kota Padang seperti kawasan Pantai Padang, Jalan Bundo Kanduang depan Hotel Bumiminang, kawasan Tugu Gempa, serta di kawasan Purus.

Bahkan saat dilakukan pengamanan di kawasan Purus, petugas kepolisian yang akan menangkap nyaris ditabrak oleh salah seorang pelaku. Satu per satu pelaku balap liar langsung diamankan petugas dan didata ke Polresta Padang, sedangkan orangtua pelaku–pelaku ada yang menangis melihat anaknya dan ada juga yang marah.

Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, ada sekitar pada 80 orang remaja, dua di antaranya perempuan serta 42 unit kendaraan bermotor yang berhasil diamankan oleh petugas kepolisian.

Sepeda motor yang diamankan tersebut akan dicek oleh Satlantas Polresta Padang. Jika tidak memiliki surat-surat yang lengkap akan dilakukan tindakan penilangan dan penahanan kendaraan di Mapolresta Padang. Puluhan remaja tersebut kemudian diserahkan kepada Satpol PP Kota Padang untuk dibina.

Kompol Rico Fernanda juga mengimbau kepada para orangtua agar dapat lebih menjaga anaknya di tengah pandemi Covid-19. “Kami dari Polresta Padang berharap kepada para orangtua agar lebih awas lagi menjaga anaknya, tidak terlibat aksi balapan liar dan tawuran. Anak-anak tersebut keluar rumah minta izin dengan modus pergi Shalat Subuh, tapi nyatanya mereka melakukan aksi balapan liar yang sudah meresahkan masyarakat Kota Padang,” tutup Rico.

Sementara itu, sebelumnya, Sabtu (25/4) 6 orang diduga pelaku tawuran juga diamankan oleh jajaran Polsek Lubukbegalung di jembatan Bypass Lubeg. Dari keenan pelaku ini petugas mengamankan sejumlah senjata tajam seperti celurit, pisau, serta ikat pinggang yang di beri gear besi. Keenam pelaku tersebut telah diserahkan oleh petugas Polsek Lubeg ke Satpol PP Padang untuk dilakukan pembinaan. (*)