Pemko Gelar Shalat Idul Adha di Masjid Nurul Iman

CEK SUHU TUBUH: Petugas Satpol PP Padang mengecek suhu tubuh jamaah yang hendak melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Nurul Iman Padang, Jumat kemarin. Masjid Nurul Iman menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap jamaah. (IST)

Tahun ini, Pemko Padang tidak akan menggelar Shalat Idul Adha di lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya, namun dialihkan ke masjid. Pelaksanaan Shalat Idul Adha di masjid ini mengingat karena Kota Padang masih dalam kondisi pandemi wabah Covid-19.

“Jika tahun lalu Shalat Idul Adha kita laksanakan di lapangan Imam Bonjol. Tahun ini kita putuskan Shalat Idul Adha dilaksanakan di masjid dan bukan di lapangan seperti tahun lalu,” sebut Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Untuk di jajaran Pemko Padang, Shalat Idul Adha akan dilaksanakan di Masjid Nurul Iman dan Masjid Taqwa Muhammadyah.
Untuk itu, Mahyeldi mengimbau kepada jajaran pemerintahan sampai lurah agar bisa menyosialisasikan hal ini kepada masyarakat.

Mahyeldi menambahkan, pelaksanaan Shalat Idul Adha nantinya tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai Perwako No 49 Tahun 2020 tentang pola hidup baru di masa pandemi Covid-19.

Terpisah, Ketua Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Padang Maigus Nasir, mengatakan DMI Kota Padang bersama Pemko Padang dan Kemenag Kota Padang telah melaksanakan rapat bersama Sabtu (25/7) terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha.

Di mana pengurus masjid/mushala harus menjalankan protokol kesehatan sesuai Perwako No 49 Tahun 2020. Seperti para jamaah memakai masker, membawa sajadah masing-masing, mencuci tangan sebelum berangkat dan sesampai di masjid.

“Bagi pengurus masjid, harus menyediakan sabun cuci tangan dan thermogun untuk mengecek suhu tubuh jamaah. Lalu, pelaksanaan shalat juga berjarak,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Masjid Nurul Iman Mulyadi Muslim kepada Padang Ekspres mengatakan Masjid Nurul Iman telah siap untuk menggelar Shalat Idul Adha pada 31 Juli nanti. “Aktivitas ibadah akan mengikuti protokol kesehatan. Jadi untuk persiapan kita sudah siap,” imbuhnya. (eri/i)