Kas Daerah Terganggu jika PSBB Lagi

Anggota DPRD Padang, Elly Thrisyanti. (net)

Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti mengungkapkan kas daerah akan terganggu jika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diterapkan di Kota Padang.

Menurutnya, yang dibutuhkan sekarang adalah kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan. “Kita berharap jangan sampai ada lagi PSBB, karena kas daerah akan terganggu jika PSBB kembali diterapkan,” kata Elly Thrisyanti.

Jika ingin jumlah positif Covid-19 ini menurun, sambung Elly, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, Elly mengingatkan agar Pemko Padang terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

“Karena semua telah dilonggarkan, jangan sampai pula pengawasan turut longgar. Pemko harus intens melakukan pengawasan, terlebih di tempat-tempat keramaian,” tegasnya.
Senada, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa juga berharap jangan sampai ada lagi PSBB. Karena dampak penerapan PSBB itu sangat besar, selain berdampak terhadap kas daerah, juga berdampak terhadap perekomonian masyarakat.

“Untuk penyaluran BST saja, mulai dari BST tahap I hingga BST tahap III, Pemko Padang telah mengeluarkan anggaran hampir Rp 100 miliar,” tutur Wawako. Maka dari itu, untuk menekan kasus positif Covid-19, dia meminta para lurah agar dapat memaksimalkan kembali Kongsi Covid-19 yang telah dibentuk.

Baca Juga:  Pelanggar Dihukum Bersihkan Sampah

Dikatakan Wawako, saat ini di tiap-tiap kelurahan sudah ada 2 kongsi Covid-19. Tinggal bagaimana, sekarang ini memaksimalkan keberadaannya. “Untuk itu, saya minta keseriusan para lurah dalam memaksimalkan Kongsi Covid-19 ini guna menekan penyebaran Covid-19,” ujar Wawako.

Ini penting dilakukan agar jangan sampai Kota Padang kembali menerapkan PSBB. Maka dengan adanya kongsi Covid-19 ini diharapkan dapat menghambat penyebaran Covid-19.
“Mari sama-sama kita satukan visi untuk serius dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Kita ajak masyarakat agar mereka disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Mudah-mudahan dengan upaya yang dilakukan ini, penyebaran wabah Covid-19 bisa segera diputus,” sebut Wawako. (eri)