Sekolah Dimulai, Dosen Keperawatan Unand Edukasi Prokes pada Siswa SD

45

Data Gugus Tugas Covid-19, jumlah kasus terkonfirmasi positif pada kelompok usia 6-18 tahun sebanyak 6,8% atau 9.613 kasus (Kemenkes, 2020). Walau kasus Covid-19 yang terjadi pada anak-anak masih rendah, tetapi perlu diwaspadai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada pembelajaran tatap muka (PTM).

Merujuk inilah, tim dosen dari Fakultas Keperawatan Unand terdiri dari Ns Sidaria MKep, Ns Dewi Murni MKep, Ns Muthmainnah MKep, Resty Noer Syafitri dan Fitrah Aini Rahman melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada peningkatan perilaku pelaksanaan protokol kesehatan pada siswa sekolah dasar.

Bertempat di TPQ Masjid Al Jadid Karangganting, Kuranji, Padang, tim mengedukasi siswa lewat penyampaian materi tentang Covid-19 dan protokol kesehatan dengan bahasa yang mudah dimengerti disertai gambar-gambar menarik.

“Untuk lebih memahami materi yang diberikan, siswa diminta melakukan demonstrasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kita juga memberikan leaflet yang menarik untuk lebih mengingatkan materi tentang pentingnya protokol kesehatan,” ujar Sidaria.

Dalam pengabdian ini, tim mendorong peningkatan perilaku mematuhi protokol kesehatan pada siswa sekolah dasar atau health literacy. Menurut World Health Organization (WHO), health literacy merupakan kemampuan kognitif dan sosial yang menentukan motivasi dan kemampuan individu untuk mendapatkan akses, memahami dan menggunakan informasi dengan cara mempromosikan dan menjaga kesehatan yang baik.

Baca Juga:  30 LPKS Diberi Bimbingan Pengelolaan Mutu Lembaga

“Literasi kesehatan merupakan sebuah konsep yang sangat sesuai dengan konsep promosi kesehatan dan dapat memberikan hasil yang dapat diterima melalui penilaian terhadap program promosi kesehatannya itu sendiri,” tambah dia.

Edukasi ini diberikan kepada 50 siswa TPQ Masjid Al-Jadid Karangganting sebanyak dua kali. “Diharapkan siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan protokol kesehatan dengan penuh kesadaran dan bisa mengajak teman-teman yang lain saat kembali ke sekolah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga bisa meminimalkan penyebaran Covid-19 di lingkungan TPQ maupun sekolah dasar.

Di akhir kegiatan edukasi, tim membagikan masker, handsanitizer, sabun cuci tangan kepada pihak masjid dan menempelkan poster cara cuci tangan dan protokol kesehatan. Kegiatan ini Iptek berbasis dosen dan masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi berupa pengabdian masyarakat. (rdo)