UNP Kembali Raih Anugerah KIP

7
PRESTASI: Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin bersama Rektor UNP Prof Ganefri menghadiri Anugerah KIP 2021 secara virtual.(IST)

Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mengulangi prestasi tahun 2021 sebagai Perguruan Tinggi Informatif dalam hasil Monev Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Indonesia (KI) Republik Indonesia. Penghargaan ini untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri.

Pengumuman dari Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2021 tersebut diumumkan secara daring oleh Ketua KI Pusat RI Gede Narayana dan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin.

Rektor UNP, Prof Ganefri yang didampingi oleh PPID UNP Prof Yasri, menyambut dengan suka cita prestasi ini dan berterimakasih atas capaian ini. “Alhamdulillah, sebagai ungkapan rasa syukur atas apresiasi hasil kerjasama dari semua unit yang ada di UNP terutama Humas UNP, sehingga hasil yang diperoleh sudah sangat positif, anggaplah prestasi ini sebagai kado Dies Natalis UNP ke-67 dan hasil dari kebersamaan kita di UNP,” ungkap Ganefri.

Selain itu, keberhasilan UNP juga mendapat apresiasi dari Wakil Ketua KI Pusat, Hendra J Kade. “Selamat atas capaian sebagai Perguruan Tinggi Kategori Informatif (tertinggi), sekaligus berada pada peringkat dua secara nasional, yang diraih oleh Universitas Negeri Padang (UNP) dalam penyelenggaraan Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2021 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat,” katanya.

Ini sebuah prestasi luar biasa dalam kepatuhan terhadap pelaksanaan prinsip-prinsip keterbukaan informasi publik dalam mengelola perguruan tinggi. Serta melayani hak azazi manusia dan hak konstitusional warga negara atas informasi sebagaimana diamanahkan Pasal 19 Deklarasi Umum Hak Azazi Manusia (DUHAM) PBB, Pasal 28F UUD NRI 1945, UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, serta Peraturan turunannya.

Baca Juga:  Ibu-ibu RW 05 Kelurahan Padangbesi Juara I Lomba Marandang

UNP berhasil memimpin seluruh Perguruan Tinggi di luar Pulau Jawa yang meraih prediket tertinggi, Kategori Informatif, dan hanya berada dibawah Universitas Airlangga yang menduduki posisi tertinggi Kategori Informatif secara nasional.

Hadir dalam pengumuman secara daring ini, WR IV UNP Prof Yasri, Kepala Biro Perencanaan Kerjasama dan Humas Ahmad Hamdani, Kepala PTIK UNP Ta’ali, dan Ketua KIP UNP Erianjoni, serta tim Humas UNP, Novri Elvida, dan lainnya.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, penganugerahan ini sangat penting untuk mengakselerasikan upaya terbaik badan publik melalui berbagai inovasi yang terus berkembang. Pemberian ini juga dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan transparan.

“Hasil penilaian ini menjadi sarana introspeksi semua sarana badan publik untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya,” katanya.

Namun di samping itu Wapres mengingatkan agar ke depan seluruh Badan Publik menguatkan komitmennya dalam bekerja keras dan semakin cermat memberikan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

“Saya ingin mengajak masyarakat luas untuk ikut partisipasi dalam menggunakan hak atas informasi serta turut mengawasi proses implementasi dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Karena kunci keberhasilan keterbukaan informasi publik adalah kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya. (cr1)