Bhabinkamtibmas Sambangi Warga

17
BERDIALOG: Bhabinkamtibmas Gurunlaweh sedang berdiskusi dengan pemuka masyarakat dan ketua RW di sebuah masjid di Kelurahan Gurunlaweh.(IST)

Mendekatkan diri dengan masyarakat adalah salah satu cara memperkuat ikatan dan saling membangun kepercayaan dengan masyarakat. Sebagai pengayom warga, kepolisian harus bisa masuk di sela-sela kehidupan masyarakat, Kamis (27/1).

Bhabinkamtibmas Kelurahan Gurunlaweh Bripka Windrizal mengatakan melakukan edukasi dan sharing pengetahuan dengan masyarakat melalui kedai, masjid dan ruang publik.

Saat ini banyak bahaya yang mengintai masyarakat mulai dari kejahatan pencurian hingga narkoba yang dapat menghancurkan generasi muda. Oleh karena itu, ia tidak lupa mengingatkan masyarakat setiap bertemu dan berdialog dengannya.

“Kita sekarang banyak di hadapkan dengan tantangan di masyarakat seperti Covid-19, banyak orang yang pendek akal dan melakukan tindakan kejahatan demi mendapatkan uang. Tentunya kita terus mengingatkan masyarakat akan bahaya yang dapat merugikan mereka,” ujarnya.

Windrizal menambahkan, pengawasan orangtua kepada anak juga harus ditingkatkan mengingat gaya hidup generasi muda yang banyak sudah tidak sesuai dengan norma dan semau mereka sendiri. Untuk itu Windrizal mengingatkan orangtua agar membentengi anak dari hal-hal negatif.

Baca Juga:  Sumbar Tuan Rumah Munas Ke-7 Gebu Minang

Ia mengungkapkan, guru dan orangtua juga harus peka melihat fenomena pergaulan anak usia muda yang dibayang-bayangi hal-hal negatif.

“Ketika berpatroli mengunjungi masyarakat saya sering melihat banyak siswa sekolah yang berkeluyuran di sekitaran Gurunlaweh di jam sekolah, tentu saja kita mengarahkan mereka agar kembali ke sekolah,” ungkapnya.

Jika dibiarkan maka dapat merembes ke hal-hal negatif lainnya. “Narkoba dan pergaulan bebas itu bisa dimulai dari tongkrongan dan teman. Jika banyak anak-anak sekolah yang terlalu bebas, ini dapat membahayakan masa depan mereka,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat koperatif melaporkan tindakan yang mencurigakan di masyarakat. “Dengan menjalin kerja sama yang baik kita dapat menghindari hal-hal negatif di Kelurahan Gurunlaweh. Kami berharap seluruh pemuka masyarakat, pemuka agama dan seluruh lapisan masyarakat Gurunlaweh ikut serta menjaga keamanan secara bersama-sama,” harapnya. (cr1)