Satu Unit Ruko di Ujunggurun Terbakar

Petugas Damkar Kota Padang memadamkan api yang menghanguskan ruko di Jalan Ujunggurun, kemarin. (IST)

Satu unit ruko tiga lantai di Jalan Ujunggurun RT 01 RW 04, Kelurahan Ujunggurun, Kecamatan Padang Barat hangus terbakar, Senin (27/4) sekitar pukul 03.33.
Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun total kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Yang terbakar satu unit ruko tiga tingkat. Bagian yang terbakar tingkat satu dan dua. Kondisinya terbakar 75 persen,” ungkap Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Basril saat dihubungi Padang Ekspres, kemarin siang.

Dia menduga, kebakaran dipicu adanya bagian di dalam ruko mengalami arus pendek.
Pasalnya saat kejadian listrik masih menyala, sementara penghuni ruko tidak ada di lokasi.
“Korban jiwa tidak ada. Cuma kerugian harta benda. Taksiran kerugian material lebih kurang Rp 100 juta, namun untuk lebih pastinya kami serahkan kepada pihak kepolisian,” imbuhnya.

Basril mengatakan, petugas Damkar Kota Padang mengalami sedikit kesulitan saat memadamkan titik api. Hal itu lantaran pintu rolling door ruko dikunci dengan gembok, sementara asap dari dalam ruko semakin menggumpal tebal. “Titik kebakaran berdekatan dengan rumah masyarakat. Petugas terpaksa membuka gembok secara paksa dengan mesin pemotong sehingga titik api berhasil dipadamkan dan tidak meluas ke rumah lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut, dikatakan Damkar Kota Padang mengerahkan delapan unit armada dan 60 orang personel Damkar untuk memadamkan api.  Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padang agar memeriksa dan memastikan seluruh perangkat elektronik yang bisa memicu terjadi kebakar, dalam kondisi mati jika keluar rumah. “Kepada masyarakat apabila terjadi kebakaran jangan mendekati dan berkerumun di lokasi kebakar. Karena akan berpotensi menyebarkan virus korona atau Covid-19,” imbau Basril. (i)