Masih Ada Kafe Langgar Prokes

12
Personel Satpol PP Padang mendatangi salah satu kafe untuk melihat penerapan protokol kesehatan, Senin (26/4). (IST)

Sejumlah kafe dan tempat tongkrongan anak muda kembali disisir Satpol PP untuk melihat penerapan protokol kesehatan, Senin (26/4) malam. Dalam pengawasan tersebut, Satpol PP Padang menemukan sejumlah kafe dan tempat tongkrongan anak muda yang masih melanggar dan tidak menerapkan prokes Covid-19. Baik pengelola atau pemilik kafe maupun pengunjung kafe tersebut.

Atas temuan itu, Kepala Satpol PP Kota Padang Alfiadi mengatakan pihaknya langsung memberikan teguran kepada pemilik, pengelola maupun pengunjung. “Ada beberapa kafe yang kami datangi seperti di kawasan Jalan Veteran, Hayam Wuruk, Siteba di dan beberapa lokasi lainnya. Dalam pengawasan itu kami mendapati pengunjung yang tidak menerapkan prokes seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Dan kami memberikan teguran baik kepada pengunjung maupun pemilik usaha agar memperhatikan prokes,” kata Alfiadi.

Ia menambahkan, kafe dan tempat tongkrongan anak muda yang didatangi tersebut merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung. Di sana pihaknya melakukan pengecekan terhadap penerapan prokes seperti apakah pengunjung menggunakan masker, penyediaan hand sanitizer oleh pengelola dan pengaturan jarak pengunjung.

Baca Juga:  Warga Kota Padang Diimbau Shalat Ied di Rumah, Objek Wisata Ditutup

Alfiadi menyebut, kafe dan tempat tongkrongan merupakan lokasi yang rawan menimbulkan kerumunan, sehingga rawan terhadap penularan Covid-19. Untuk itu, dalam memutus penularan Covid-19 ini, perlu upaya semua pihak baik petugas maupun masyarakat dengan disiplin menerapkan prokes.

Hal ini dilakukan agar jangan sampai usaha kreatif sebagai peningkatan ekonomi tersebut menjadi klaster-klaster baru penularan Covid-19. Ia berharap, pemilik atau pengelola agar mengajak semua pengunjung selalu disiplin memakai masker, menjaga jarak dan selalu mengawali kegiatan dengan membiasakan mencuci tangan.

Dengan aktifnya pengawasan dan disiplinnya masyarakat mematuhi prokes diharapkan penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dan diputus. (a)

Previous articleGaikindo Happy, Penjualan Mobil Naik Lagi
Next articlePasar Konveksi Menggeliat Lagi, Omzet Pedagang Meningkat Drastis