Teknik Mesin UBH Magang di Krakatau Steel Aplication Maintenance Solution

74

Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta merupakan salah satu Program Studi Teknik Mesin tertua di Sumatera Barat. Program studi ini merencanakan mengirim mahasiswa magang industri ke PT Krakatau Perbengkelan dan Perawatan atau Steel Aplication Maintenance Solution, yang merupakan Sub-Holding dari PT Kratatau Steel (Persero) Tbk.

Kegiatan magang industri ini merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Program ini bertujuan untuk memberi pengalaman belajar dan mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja melalui kegiatan pembelajaran di luar program studi dan kampusnya.

Hal ini sejalan dengan sebagaimana dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Sebelum mengikuti program magang industri, mahasiswa terlebih dahulu mengikuti pembekalan pada beberapa laboratorium yang terdapat di Universitas Bung Hatta, seperti Laboratorium Fenomena Dasar Mesin, Laboratorium Material Teknik dan Metalurgi Fisik, Laboratorium Proses Manufaktur, Laboratorium CNC and Numerical Control Programming, dan Laboratorium Prestasi Mesin.

Selain pembekalan di laboratorium, mahasiswa juga dibekali dengan penggunaan program aplikasi desain berbasis komputer yang banyak diterapkan di industri, seperti Solidworks, yang digunakan untuk membuat desain dan analisis produk industri, serta Helix Delta T6., yaitu program aplikasi untuk desain dan optimalisasi alat transportasi material menggunakan konveyor sistem.

Pada tanggal 23 Juni, telah dilakukan pertemuan antara Dosen Teknik Mesin Universitas Bung Hatta Ir Iman Satria ST, MT Asean Eng dan Suryadimal ST MT, dengan tim dari PT Krakatau Steel Aplication Maintenance Solution Ir Asykar Shodiq dan Tulus Bangkit ST, serta Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan Universitas Bung Hatta Dr Ir Edi Septe S MT, membahas persiapan magang industri yang direncanakan akan dimulai pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023 mendatang. (*)