Batu Berukuran Besar Jatuh ke Jalan

37
Tim Reaksi Cepat BPBD Padang dibantu masyarakat mengevakuasi batu yang jatuh dari perbukitan di Jalan Palembang Gaung, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubeg, Minggu (27/9). (IST)

Sebuah batu berukuran besar jatuh ke badan jalan di kawasan Jalan Raya Padang-Painan persisnya di Jalan Palembang Gaung Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubukbegalung Nan XX, Minggu (27/9) sekitar pukul 09.00. Kejadian itu mengakibatkan terjadinya kemacetan kendaraan sepanjang kurang lebih 1 km.

Informasi diterima Padang Ekspres, pihak kepolisian dari Polsek Lubeg, BPBD Kota Padang serta masyarakat setempat berjibaku mengevakuasi batu berdiameter 1,20 meter dengan alat seadanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengatakan kejadian tersebut terjadi setelah Kota Padang diguyur hujan lebat kemarin malam.
Akibatnya batu besar yang berada di perbukitan Gates (bukit karo) jatuh ke jalan.

Beruntung tidak ada pengendara roda dua, maupun roda empat yang melewati kawasan tersebut. Sehingga tidak terjadi korban jiwa.”Kita menerima laporan sekitar pukul 09.00. Setelah mendapatkan laporan itu, kami langsung menuju ke lapangan untuk evakuasi,” jelasnya.

Kondisi batu saat kejadian persis berada di tengah jalan, sehingga menimbulkan kemacetan sekitar 1 km. “Kurang dari satu jam dilakukan evakuasi, akses lalu lintas mulai kembali normal,” terangnya seraya mengatakan batu tersebut dievakuasi dengan memakai sling mobil dan dibantu oleh tim relawan beserta masyarakat setempat.

Baca Juga:  Hari Pertama Operasi Zebra Singgalang, 80 Pengendara Kena Tilang

Sementara itu, Kapolsek Lubeg AKP Andi P Lorena mengatakan untuk mengatur arus lalu lintas, pihaknya menerjunkan sejumlah personel ke lokasi kejadian. Selain itu, personel polisi bersama BPBD Kota Padang melakukan evakuasi mengunakan kayu dan sling mobil untuk membawa batu itu ke pinggir jalan. (err)