Kiat Lolongbelanti di Masa Pandemi, Gelar FunFutsal Agar Warga Tetap Sehat

4
KREATIF: Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan piala bergilir turnamen FunFutsal U-40+ di Kelurahan Lolongbelanti, beberapa waktu lalu.(IST)

Berbagai hal bisa dilakukan agar tubuh dan imunitas tetap sehat meski di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Lolongbelanti dengan menggelar turnamen FunFutsal U-40+. Seperti apa?

Berawal dari banyaknya kaum bapak-bapak di Kelurahan Lolongbelanti yang hanya duduk-duduk di rumah karena adanya pembatasan aktivitas masyarakat selama pandemi Covid-19, Pemerintah Kelurahan Lolongbelanti berupaya mencari ide menarik agar warga bisa beraktivitas namun tetap sehat dan imun meningkat.

Maka munculah ide untuk menyelenggarakan sebuah turnamen olahraga agar para warga terutama bapak-bapak yang tak banyak beraktivitas saat pandemi kesehatan mereka tetap terjaga dan imun tubuh meningkat.

Lurah Lolongbelanti, Irnovriadi kepada Padang Ekspres, kemarin (27/9) mengatakan, turnamen olahraga yang digelar adalah FunFutsal U-40+. Alasannya karena olahraga Futsal lebih simpel dibandingkan dengan sepakbola dan lainnya namun tetap membuat tubuh sehat dan bugar.

Turnamen FunFutsal U-40+ tersebut diselenggarakan antar RW di seluruh Kelurahan Lolongbelanti. Penyelenggaraannya sendiri tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Bahkan kegiatan kami ini mendapat apresiasi dari Wali Kota Padang, Hendri Septa, dimana beliau langsung membuka sekaligus menutup turnamen FunFutsal U-40+ itu,” katanya.

Dalam pelaksanaannya ada beberapa aturan yang disesuaikan dengan prokes di antaranya hanya memperbolehkan satu klub sebanyak 5 orang dan setiap pertandingan ada 2 klub yang berjumlah 10 orang.

Turnamen FunFutsal U-40+ tersebut berlangsung selama satu bulan. Hadiah yang diberikan kepada juara atau pemenang pada turnamen itu beragam, juara satu mendapatkan piala bergilir antar kelurahan dari wali kota Padang serta uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Sedangkan juara dua mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500 ribu dan juara tiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp 200 ribu. Meskipun hadiah yang didapatkan para juara terbilang sedikit, namun tujuan awal dari penyelenggaraan turnamen FunFutsal tersebut yakni menjaga kesehatan para warga bisa dicapai dan dibuktikan.

Baca Juga:  Berkas Kasus Dugaan Korupsi KONI Dilimpahkan ke JPU

Lebih lanjut disampaikan, tak hanya gelar turnamen FunFutsal, selama pandemi Covid-19 Pemerintah Kelurahan Lolongbelanti juga melaksanakan kegiatan lainnya yakni pengawasan dan pendataan setiap orang yang masuk ke kelurahan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

Kegiatan pengawasan tersebut dilakukan bekerja sama dengan seluruh RT di Kelurahan Lolongbelanti. “Kami meminta seluruh RT di Kelurahan Lolongbelanti untuk mendata dan mengawasi warga yang masuk ke wilayahnya terutama warga yang dari luar daerah Kota Padang,” ujarnya.

Selanjutnya, bagi warga pendatang yang masuk ke daerah Lolongbelanti, maka pihak RT akan meminta kepada warga pendatang tersebut untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu dan juga melakukan pemeriksaan diri ke puskesmas dengan melakukan tes swab.

Selain itu Pemerintah Kelurahan Lolongbelanti juga menyalurkan paket sembako yang bertujuan untuk meringankan beban warga dan mencukupi kebutuhan pokok warga selama menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Sejauh ini, kami telah membagikan sebanyak 25 paket sembako dari pemerintah dan 10 paket sembako untuk setiap RT. Sasaran utama penerima bantuan sembako ini adalah warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dengan bukti surat positif Covid-19 dari puskesmas,” jelas Irnovriadi.

Kegiatan lainnya adalah memberdayakan masyarakat untuk menggarap lahan perkarangan mereka menjadi kebun buah.

“Penanaman bibit buah-buahan bersama kelompok wanita tani yang telah dibentuk sebanyak 30 orang dengan inovasi Belanti Berseri. Bibit buah-buahan yang telah kami tanam berupa bibit buah jambu, mangga, lengkeng dan belimbing. Untuk bibit kami dibantu oleh wali kota Padang sebanyak 76 bibit buah-buahan,” ujarnya.

Diharapkan dengan berbagai kegiatan positif yang telah dilakukan oleh Kelurahan Lolongbelanti bisa menjadi masyarakat tetap aktif, produktif, dan sehat di tengah pandemi Covid-19. (***)