Layanan Vaksin Mobile Dibuka, Percepat Capaian Vaksinasi Pedagang

31
VAKSIN MOBILE: Wali Kota Padang, Hendri Septa meninjau pelaksanaan layanan vaksin mobile di Pasar Tanah Kongsi, kemarin.(IST)

Dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid-19 khususnya bagi para pedagang dan pengunjung pasar di Kota Padang, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang membuka layanan vaksin mobile di sejumlah pasar di Kota Padang.

Layanan vaksin mobile sendiri adalah program vaksinasi yang memanfaatkan kendaraan yakni mobil ambulans yang mengunjungi langsung pasar di Kota Padang dan mengajak para pedagang dan pengunjung pasar agar melaksanakan program vaksinasi Covid-19.

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, hari pertama pelaksanaannya, kemarin (27/10), layanan vaksin mobile diselenggarakan di Pasar Tanahkongsi, Kecamatan Padang Selatan. Kegiatan dimulai dari pagi hingga siang hari yang dibuka oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Kepala Disdag Kota Padang, Andree Algamar mengatakan, layanan vaksin mobile merupakan langkah inovasi yang dilaksanakan oleh pihaknya dengan Dinkes Kota Padang untuk menyasar dan mendatangi langsung pedagang yang belum divaksin Covid-19.

Tujuan pelaksanaan layanan vaksin mobile tersebut yakni bagi para pedagang yang selalu beralasan belum ikut vaksin karena tidak mau meninggalkan dagangan mereka, maka layanan vaksin mobile bisa mereka ikuti.

“Dengan digelarnya kegiatan vaksinasi mobile di pasar seperti Pasar Tanahkongsi bisa mempermudah pedagang melakukan vaksin tanpa harus meninggalkan dagangannya,” jelasnya.

Kegiatan layanan vaksin mobile tersebut direncanakan rutin dan terus dilaksanakan di seluruh pasar di Kota Padang baik pasar induk maupun pasar satelit yang berada di kecamatan. Namun untuk jadwalnya sendiri masih disusun bersama Dinkes Kota Padang.

“Rencananya memang akan digelar setiap hari dan ditargetkan seluruh pasar di Kota Padang, namun kami evaluasi dulu pelaksanaan hari pertama ini, baru setelah itu kami susun jadwal resminya,” kata Andree.

Selain membuka layanan vaksin mobile, saat ini Disdag Kota Padang juga sudah dan sedang menggelar sejumlah kegiatan vaksinansi massal baik yang diselenggarakan di pasar, pusat perbelanjaan, mal, dan sejenisnya.

Masifnya penyelenggaraan vaksinasi massal tersebut bertujuan untuk mendukung percepatan capaian vaksinasi Covid-19 Kota Padang dimana selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, Pemko menargetkan 70 persen capaian vaksin.

Baca Juga:  Perdana, Para Wali Kota Tanam Durian Untuk Masa Depan Padang

Kemudian, adanya kebijakan dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Padang tentang penerapan PPKM level 2 dimana pegawai dan karyawan serta pengunjung harus telah divaksinasi jika beraktivitas di sana dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Lebih lanjut Andree menyampaikan, sampai saat ini sudah ada sekitar 8 ribu pedagang yang telah melaksanakan program vaksinasi Covid-19 baik vaksinasi pertama maupun kedua. Para pedagang itu mengikuti vaksinansi di Pasar Raya maupun pasar satelit lainnya.

Diharapkan, dengan adanya layanan vaksin mobile dan vaksinasi Covid-19 massal lainnya capaian vaksinasi Covid-19 bagi pedagang dan Kota Padang pada umumnya bisa terus meningkat dan mencapai target yang telah ditentukan.

Terpisah, Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi setinggi-tingginya animo masyarakat Kota Padang khususnya yang berdomisili di Pasar Tanah Kongsi untuk mengikuti vaksinasi massal Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Pasar Tanah Kongsi atas partisipasinya dalam vaksinasi massal melalui vaksin mobile ini,” ucap Wako sewaktu meninjau sekaligus me-launching pelaksanaan vaksin mobile, kemarin.

Hendri Septa mengatakan, vaksinasi dengan menggunakan mobil bergerak memang pertama kali dilakukan di Kota Padang. Mobil tersebut dilengkapi dengan peralatan medis, guna menunjang percepatan capaian vaksin Kota Padang.

Wako berharap, vaksinasi mobile di Pasar Tanah Kongsi dapat membantu capaian target vaksin di Kota Padang minimal 70 persen hingga akhir 2021.

“Alhamdulillah, Kota Padang sudah lepas dari PPKM level 4 dan dengan melandainya pandemi Covid-19 di Kota Padang, Pemerintah memberikan penghargaan berupa Anugerah Tangguh Bencana Adhiwirasana,” ungkapnya.

Ini adalah buah kerja keras semua pihak di Kota Padang yang telah berperan dalam pengendalian pandemi Covid-19 sejauh ini. “Mari kita terus menerapkan prokes dalam kehidupan sehari-hari dan bagi yang belum vaksin mari ikut vaksin,” pungkasnya. (adt)