Hari Ini, Sidang M Yamin Kahar Digelar Online

Halius Hosen, penasehat hukum M Yamin Kahar memberikan keterangan pers terkait kasus yang menyeret nama kliennya, Kamis (9/5/19) di Kota Padang. (romi rahmat/posmetro)

Sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) proyek pembangunan Masjid Raya Agung dan Jembatan Ambayan Solok Selatan dengan terdakwa M Yamin Kahar akan digelar secara online, hari ini (29/4).

Terdakwa M Yamin Kahar akan menjalani sidang dengan agenda pembacaan tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas eksepsi atau keberatan Penasihat Hukum (PH) terdakwa terhadap dakwaan JPU.

Pelaksanaan secara online melalui telekonferensi ini dikarenakan penerbangan dari Jakarta menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ditutup. Akibatnya, JPU KPK tidak bisa hadir untuk melaksanakan sidang secara konvensional.

“Iya, karena penerbangan dari Jakarta ke BIM tidak ada, makanya sidang perkara dilaksanakan secara online oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Padang,” ungkap Ketua Pengadilan Negeri (PN) Padang Yose Rizal kepada Padang Ekspres, kemarin (28/4).

Mekanisme sidang online ini dilaksanakan melalui telekonferensi. JPU KPK tetap berada di Jakarta, sementara terdakwa didampingi penasihat hukum (PH) terdakwa di PN Padang.

“Terdakwa dibawa ke PN Padang lantaran kualitas jaringan untuk telekonferensi di Rutan Anak Air juga kurang bagus. Makanya dibawa ke PN Padang,” terangnya.

Yose menyatakan, sidang daring untuk perkara tipikor ini perdana dilakukan di PN Padang. Padahal, selama wabah pandemi virus korona (Covid-19) ini, sidang perkara Tipikor tetap dilaksanakan secara biasa (tatap muka).

“Kalau sidang online ini biasanya terkendala jaringan, tapi kualitas jaringan di PN Padang sudah sangat baik. Mudah-mudahan besok (hari ini, red) proses sidangnya bisa berjalan lancar,” tukas Yose.

Terpisah, JPU KPK yang menangani perkara, Riki BM Cs mengaku siap membacakan tanggapan JPU KPK atas eksepsi atau keberatan PH terdakwa atas dakwaan yang disangkakan. “Besok (hari ini, red), akan kita bacakan. Lihat saja nanti ya,” ujarnya singkat. (i)