Andre Rosiade: Gerindra Pilih Wawako Padang Terbaik

167
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade

Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar Andre Rosiade menyebutkan, partainya ingin calon Wakil Wali Kota (Wawako) Padang pendamping Wali Kota Hendri Septa adalah yang terbaik. Karena, tugas berat menanti untuk membangun Kota Padang yang cukup tertinggal dari ibu kota provinsi lain di Sumatra seperti Medan dan Pekanbaru.

“Kami banyak dikontak soal siapa Wakil Wali Kota Padang pilihan Gerindra. Tentunya, sifat kami sebagai partai bukan pengusung hanya menunggu. Yang mengusulkan hanya bisa dua partai, PAN dan PKS. Sampai hari ini belum ada proses dan siapa yang dimajukan,” kata anggota Komisi VI DPR RI itu, Rabu (28/4) kepada awak media.

Meski memiliki kursi paling banyak, 11 dari 45 wakil rakyat DPRD Padang, Gerindra tidak akan semena-mena menentukan dukungan. Pilihan orang-orang terbaik yang mampu bersinergi membangun Kota Padang adalah paling pas. Tentunya, Fraksi Gerindra DPRD Padang dan DPC Gerindra Padang yang lebih tahu tentang siapa kandidat yang sesuai.

“Kami juga pernah diskusi dengan Wako Padang Hendri Septa soal siapa yang dia inginkan jadi pendamping. Kriterianya tak muluk-muluk, yang penting bisa bekerja sama dengannya membangun kota. Tentu juga akan tunggu saja siapa yang diajukan ke DPRD,” kata anggota dewan Pembina DPP Partai Gerindra ini.

Baca Juga:  Andre Rosiade Tolak Kerja Sama Freeport dengan Smelter China

Yang pasti, sebut Andre, Partai Gerindra komit untuk Kota Padang lebih baik dan Wawako harus mampu bersinergisitas dan saling menguatkan dengan wali kota. “Tentunya soal kemana arah Gerindra itu akan mengacu kepada kebijakan partai. Mulai dari DPC Padang, DPD Sumbar sampai DPP. Kita tunggu saja,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Disinggung soal nama-nama yang mengapung, Andre Rosiade belum mau berkomentar. Karena menurutnya, siapapun yang terbaik dan layak memimpin Kota Padang, tentu akan mendapatkan dukungan dari Gerindra. “Sudah ada yang minta dukungan kami, tapi tentu sifatnya dukungan moril saja,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Mastilizal Aye mengatakan, calon Wawako Padang itu adalah hak dari partai pengusung seperti PKS dan PAN. Tetapi, dengan 11 kursi di DPRD, Gerindra mempunyai bargaining power sendiri dalam memutuskan siapa wawako pilihan dalam mendampingi Hendri Septa sebagai Wali Kota Padang.

Ia menuturkan, beberapa partai dan calon wawako telah melakukan lobi-lobi politik terhadap Gerindra, tetapi Gerindra belum memberikan keputusan. “Sudah ada lobi-lobi politik untuk jabatan wawako, tetapi Gerindra belum memberikan suara dan keputusan. Jadi pada saat ini, terserah calon, butuh Gerindra atau tidak,” paparnya. (*)

Previous articleSebaran Massif, 16 Daerah Zona Orange
Next articleWagub Audy Dorong Masyarakat Pasaman untuk Sertifikatkan Lahan Sawit