Tes Swab 1.000 Pedagang Pasar Raya Tuntas

34
Kepala Dinas Perdagangan Padang Andree H Algamar memaparkan perkembangan pemutusan mata rantai Covid-19 di Pasar Raya, kemarin.(Eri Mardinal-Padang Ekspres)

Dinas Perdagangan bersama Dinas Kesehatan Kota Padang menuntaskan pengambilan swab 1.000 pedagang di Pasar Raya Padang, kemarin (28/5/2020).

Tes swab bagi para pedagang Pasar Raya tersebut telah dilakukan sejak 20 Mei lalu hingga Kamis (28/5/2020) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Padang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree H Algamar mengatakan, tes swab bagi 1.000 pedagang di Pasar Raya Padang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai 20-22 Mei 2020.

Tes swab tahap pertama ini diikuti sebanyak 571 orang. Dimana hasilnya, negatif 497 orang, terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 38 orang. Dan masih ada sekitar 36 lagi yang belum keluar hasilnya dari Laboratorium Unand.

“Dari 38 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, terdapat 13 orang petugas dari Dinas Perdagangan baik yang di lapangan maupun yang ada di kantor,” ujar Andree kepada wartawan kemarin (28/5).

Kemudian tes swab tahap kedua dilaksanakan pada 27-28 Mei 2020. Pada Rabu (27/5) telah dilakukan tes swab sebanyak 198 orang. Dan Kamis (28/5) diperkirakan sudah mencapai 1.000 orang.

Andree menyebut, banyaknya pasien positif Covid-19 dari klaster Pasar Raya dikarenakan Pemko Padang melakukan tes swab massal bagi para pedagang di Pasar Raya. Tes swab massal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pasar Raya Padang. Selain itu juga untuk memberikan kenyamanan baik bagi pedagang maupun pembeli dalam melakukan aktivitas jual beli di Pasar Raya.

“Kita ingin bagaimana masyarakat merasa nyaman ketika berbelanja di pasar. Makanya kita adakan tes swab massal ini. Nantinya, pedagang yang telah mengikuti tes swab ini maka toko/kedainya akan kita tempeli dengan stiker,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Andree kembali mengingatkan kepada pedagang dan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan setelah beraktifitas dan menjaga jarak. “Mudah-mudahan dengan upaya yang kita lakukan ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pasar Raya,” ucapnya. (eri)