Imigrasi Padang Perkuat Pengawasan Orang Asing di Pessel

70
Jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang saat rapat Koordinasi Tim PORA Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (29/6).(IST)

Perkuat pengawasan terhadap orang asing, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang kembali mengadakan rapat koordinasi bersama Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Pesisir Selatan (Pessel), Rabu (29/6/2022).

Rapat Tim PORA ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumbar R Andika Dwi Prasetya.

Dihadiri sejumlah instansi terkait seperti Kesbangpol, Dinas Tenaga Kerja, Disdukcapil, TNI/Polri, Kejaksaan Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah, hingga para camat di lingkungan Pesisir Selatan.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar R Andika Dwi Prasetya, Tim PORA Pesisir Selatan merupakan wadah koordinasi dan sinergi dalam kegiatan pengawasan orang asing di wilayah Pesisir Selatan.

Hal ini, lanjut Andika, untuk deteksi dini dalam upaya penanganan orang asing yang melanggar peraturan. Seperti melebihi batas izin tinggal (overstay), penyalahgunaan izin tinggal yang diberikan, atau permasalahan status kewarganegaraan.

“Selain itu secara bersama mencegah masuknya imigran illegal atau irregular migrant di Pesisir Selatan,” ungkap Andika,Kepala Divisi Keimigrasian Novianto Sulastono dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang Napis.

Baca Juga:  Andre Rosiade Siap Eksekusi Aspirasi Warga Alai Parak Kopi

Andika berharap, Tim PORA Pesisir Selatan bisa terus menjalin koordinasi melalui sarana yang ada serta menjaga sinergitas di antara seluruh pemangku kepentingan yang ada guna menjaga tegaknya kedaulatan NKRI. Khususnya dalam hal pengawasan orang asing di Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah Mawardi Roska menyampaikan koordinasi dalam pengawasan orang asing sangat penting. Hal ini mengingat Indonesia memiliki Selective Policy yakni hanya orang asing yang bermanfaat bagi negara yang dapat masuk ke Indonesia.

“Karena wilayah Pesisir Selatan memiliki daya tarik tersendiri bagi orang asing. Maka kami berharap Tim PORA Pesisir Selatan agar selalu melakukan koordinasi pengawasan terhadap orang asing,” tutur Mawardi. (idr)