Pustaka Lentera Kota di Batang Arau, Kopral Dua Punya Cerita

Babinsa Kodim 0307/Tanahdatar Kopda Chrisman Nduru menerima buku bacaan dari donatur buku di Pustaka Lentera Kota, yang dibangunnyo di pinggir muaro Batang Arau, Padang.

Setiap sore, sekitaran kawasan muaro Batang Arau selalu ramai. Sembari menunggu azan Magrib, beberapa orang dewasa tampak menikmati buku bacaan di tepian sungai. Sedangkan anak-anak juga terlihat membaca, dan melukis kapal-kapal yang tertambat rapi di pinggiran sungai Batang Harau.

Di dalam bangunan kayu yang didesain seperti kapal, di situlah anak-anak dan orang dewasa mencari buku yang diminati untuk dibaca. Sungguh pemandangan indah menjelang malam di  Pustaka Lentera Kota yang berusia 2 bulan dan didirikan oleh Babinsa Kodim 0307/Tanahdatar bernama Kopral Dua (Kopda) Chrisman Nduru, 38 tahun.

Lebih kurang 500 buku bacaan ada di sana. Kopda Chrisman Nduru bercerita, Pustaka Lentera Kota dibuatnya untuk memberikan fasilitas bacaan untuk masyarakat dan pengunjung Batang Arau, Padang. Selain itu, memilih tempat Batang Arau, karena daerah tersebut adalah kampung halaman ayah satu anak itu.

“Pustaka Lentera Kota terbuka untuk umum. Kami ingin membantu program Pemerintah Kota Padang dalam hal literasi,” ucap Chrisman

Pustaka Lentera Kota juga memberikan pelatihan menulis, membaca, menggambar dan menari yang diajarkan oleh guru-guru sukarela.

“Dalam pendiriannya Pustaka Lentera Kota tidak mempunyai sponsor, tetapi didukung oleh Korem 032/Wbr, Dinas Pariwisata Padang, Perpustakaan Sumbar. Dan Kominfo Padang akan memasang WiFi di Pustaka Lentera Kota,” jelasnya.

Baca Juga:  Pelayanan Kartu AK1 Ditutup Sementara

Terpisah, Danramil 01 Purus Mayor Inf Misno merasa antusias mendukung usaha Kopda Chrisman Nduru. “Koramil 01 Purus Padang sangat mendukung kegiatan literasi yang dilakukan. Kami memberikan bantuan 100 buku. Selain di Pustaka Lentera Kota, kami juga memberikan buku ke taman bacaan Tanah Ombak Purus, dan Taman Bacaan di Danau Cimpago,” ucap Misno.

Lebih lanjut Danramil menjelaskan juga, Dinas Pariwisata Kota Padang telah berkoordinasi dengan Balai Pengairan Sungai untuk turut membantu pengembangan Pustaka Lentera Kota.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Arfian juga mengapresiasi usaha mencerdaskan masyarakat yang berada di aliran sungai Batang Arau, Padang.

“Daerah ini dulunya masuk masyarakat kategori miskin. Dengan hadirnya Pustaka Lentera Kota yang dibangun oleh prajurit TNI AD aktif ini diharapkan dapat meningkatkan pemikiran masyarakat sekitar Batang Harau,” ujar Arfian.

Kadis Pariwisata akan menjadikan Pustaka Lentera Kota sebagai pilot project dan akan membenahinya supaya lebih baik lagi.

“Yang dibutuhkan pada saat ini adalah toilet. Kita telah membicarakan dengan Danramil 01 untuk melakukan pembenahan. Kita akan menggandeng Pelindo, Balai Sungai untuk membenahi Pustaka Lentera Kota agar representative dan makin diminati,” ujar Arfian. (dg/hsn)