Buaya Besar Muncul di Sungai Bungus Barat

74
Seekor buaya terlihat berjemur di pinggir sungai simpang empat Bungus Barat, kemarin. (IST)

Warga Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) digegerkan oleh penampakan seekor buaya berukuran besar yang tengah berjemur di pinggir sungai dekat jembatan simpang empat Bungus Barat, kemarin (28/12).

Informasi yang dihimpun Padang Ekspres, penampakan buaya di pinggir Sungai Bungus Barat tersebut tidak hanya satu kali, pernah terjadi Sabtu (12/12) lalu di lokasi yang sama.
Kemunculan buaya tersebut membuat warga sekitar resah dan takut. Pasalnya ukuran buaya yang diduga jenis buaya muara tersebut cukup besar sehingga banyak masyarakat yang takut beraktivitas di dekat sungai.

Salah seorang warga, Syaffrudin mengatakan, kemunculan seekor buaya di pinggir sungai Bungus Barat tersebut terlihat sekitar pukul 11.38. Buaya itu terlihat sedang berjemur di pinggir sungai.

Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Bungtekab itu menambahkan, setelah melihat penampakan seekor buaya itu, dirinya memutuskan untuk merekamnya. “Namun baru direkam, buayanya langsung lari kembali ke dalam sungai. Kalau tidak salah ada sekitar beberapa menit buaya itu berjemur,” jelasnya.

Syaffrudin mengungkapkan, ukuran buaya yang muncul pada Senin kemarin itu diperkirakan sekitar 2 meter lebih. Ia mengaku, di lokasi tersebut, penampakan buaya tidak hanya satu kali tapi pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga:  Ilham Maulana Ditetapkan Tersangka, Kasus Dugaan Korupsi Dana Pokir

“Dulu beberapa minggu yang lalu ada juga penampakan buaya tapi ukurannya lebih besar daripada buaya yang muncul terakhir ini,” sebutnya. Syaffrudin mengaku, dahulu keberadaan buaya di aliran sungai simpang empat Bungus Barat hampir tidak pernah terlihat. Bahkan banyak warga sekitar yang mandi-mandi dan beraktivitas di sungai.
“Namun entah kenapa sejak aliran sungai berubah menjadi lebih keruh, mulai muncul buaya-buaya tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Dansatgas Dinas Kehutanan BKSDA Sumbar, Joni Akbar kepada Padang Ekspres mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan terkait kemunculan buaya di aliran sungai simpang empat Bungus Barat Kecamatan Bungtekab.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan petugas pengawasan dari Kota Padang untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan kondisi di lokasi penampakan buaya tersebut.
Joni mengaku, jenis buaya yang muncul di pinggir sungai tersebut merupakan buaya muara yang memang habitatnya berada di aliran sungai seperti itu.

Namun untuk memastikannya, akan dilakukan pengecekan. “Kami minta dulu kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas di sekitar aliran sungai, karena takutnya nanti buaya-buaya ini akan muncul kembali,” tukasnya. (a)