Jelang Jumat Barokah, Jamaah Musala Ali Bin Said PSG Goro Bersihkan Sampah

65

Air menggenangi jalan mulai dari jalan masuk Kompleks PSG hingga menuju Musala Ali bin Said di ujung Blok G-H, Minggu pagi (30/1).

Jamaah Musala Ali bin Said Kompleks Permata Surau Gadang (PSG) Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, mengadakan goro bersih lingkungan, Minggu (30/1). Sampah dan sedimen pasir lumpur selalu ‘melimpah ruah’ dibawa oleh aliran irigasi sawah yang melalui Kompleks PSG.

 

Pembersihan sampah dan sedimen di selokan Blok G-H Kompleks PSG.

“Sesuai arahan Lurah Surau Gadang dan Camat Nanggalo, goro ini kami lakukan karena akan ada kegiatan Jumat Barokah yang dipimpin Wali Kota Padang Hendri Septa ke Musala Ali bin Said pada Jumat subuh (4/2) nanti. Namun seperti diketahui, kompleks kami selalu langganan sampah yang dibawa saluran irigasi sawah yang melalui tengah-tengah kompleks. Inilah problem sejak 2017 yang kami hadapi,” ujar Sekretaris RT 07/01, Fitra Mulia, di sela-sela goro.

Segelintir warga yang sepertinya berusia di atas 40 tahun, terlihat juga membersihkan selokan dan pekarangan di beberapa rumah yang sudah lama tidak dihuni.

Baca Juga:  Anggota Hipmi Padang Pertanyakan Proses Terpilihnya Ketua Baru

“Kita dari perangkat RT selalu membangkitkan semangat warga untuk mau melibatkan diri membersihkan lingkungan,” ujar Fitra.

Menjelang Zuhur, kegiatan goro sudah menyelesaikan selokan dan sampah di jalan utama mulai dari ‘jalan masuk’ PSG hingga ke Jalan menuju Musala Ali bin Said yang terletak di ujung Blok G-H.

Sekretaris RT didampingi Bendahara Zulfahmi berharap, sampah dan sedimen yang sudah diangkat dan dimasukkan ke dalam karung itu, bisa dieksekusi ke TPA di hari Selasa (1/2).

“Hari Selasa almanak merah bertepatan dengan Hari Raya Imlek, jadi kita upayakan mengangkat hasil goro ini di hari Selasa itu,” timpal Zulfahmi. (*)