Nihil Kasus Baru Positif Covid-19, Pasien Sembuh Bertambah 8 Orang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani. (Foto: IST)

Delapan orang pasien positif terinfeksi virus korona (Covid-19) di Kota Padang, kemarin (29/5/2020), dinyatakan sembuh setelah dilakukan tes swab sebanyak dua kali dengan hasil negatif.

“Pasien sembuh ada penambahan delapan orang. Dengan penambahan itu, total pasien positif Covid-19 di Kota Padang yang dinyatakan sembuh tercatat sebanyak 137 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani, kemarin.

Dia merinci, delapan pasien sembuh tersebut antara lain masing-masing satu orang warga Kelurahan Jati Baru, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kelurahan Kuranji, dan warga Kelurahan Flamboyan. “Lalu empat orang warga Kelurahan Pagambiran,” imbuhnya.
Feri menambahkan, dari 361 sampel yang diterima dan diperiksa Tim Laboratorium

Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi FK Unand, tidak ada atau nol penambahan kasus positif terinfeksi Covid-19 di Kota Padang, Jumat (29/5/2020). “Hari ini (kemarin, red) tidak ada penambahan kasus positif,” sebut Feri.

Berdasarkan hasil penelusuran data di situs resmi Dinkes Kota Padang dinkes.padang.go.id, hingga Jumat (29/5), total kasus positif Covid-19 di Kota Padang sebanyak 361 kasus.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 281, Orang Dalam Pengawasan (ODP) 837, Orang Tanpa Gejala (OTG) 507 orang, dan pelaku perjalanan dari negara atau wilayah terjangkit dan dengan transmisi lokal (PPT) yang masih dalam pemantauan berjumlah 777.

57 Pasien Masih Dirawat di RSUD
Sementara itu, sejak dijadikan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Padang pada 1 April 2020 lalu, RSUD Rasidin Padang telah merawat sekitar 100 pasien positif Covid-19.

Pasien yang telah dan sedang dirawat di RSUD Rasidin Padang tidak hanya berasal dari Kota Padang saja, namun juga berasal dari Kabupaten dan kota lain di Sumbar.

Direktur RSUD Rasidin Padang, Herlin Sridiani kepada Padang Ekspres, Jumat (29/5/2020) mengatakan, mayoritas pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Rasidin Padang berasal dari Kota Padang, namun ada juga yang berasal dari kabupaten dan kota lain di Sumbar.

“Rata-rata pasien yang dirawat di sini merupakan orang dewasa, namun ada juga anak-anak berusia di bawah 10 tahun,” tuturnya.

Ia menambahkan, rata-rata pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Rasidin Padang merupakan pasien dengan gejala sedang dan membutuhkan beberapa penanganan medis.

“Sejauh ini dari lebih kurang 100 pasien yang pernah dirawat di RSUD Rasidin Padang, terdapat sebanyak 35 orang dan telah diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

Lebih lanjut Herlin menyampaikan, jumlah pasien yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Rasidin Padang ada sebanyak 57 orang dan masih dalam masa perawatan. “Alhamdulillah saat ini kondisi mereka terbilang normal dan baik,” tukasnya.

Untuk membuat pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Rasidin Padang tidak bosan dan selalu mendapatkan motivasi, Herlin mengungkapkan, pihaknya mengaktifkan setiap sound system dan audio di setiap kamar pasien yang kemudian diputar imbauan dan sosialisasi serta informasi positif kepada para pasien positif.

“Hampir setiap hari kita hidupkan rekaman orang membaca Al Quran, kemudian informasi dan motivasi agar para pasien positif Covid-19 bisa semangat untuk sembuh dan pulang ke rumah mereka,” ujarnya.

Herlin mengatakan, saat ini RSUD Rasidin Padang memiliki sebanyak 57 tempat tidur yang bisa digunakan untuk penanganan pasien positif Covid-19. (i/a)