PLN Sumbar Sambut Mahasiswa Calon Angkatan Baru

13

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar bersama dengan Unit Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (UPDL) Padang adakan penyambutan mahasiswa magang (On The Job Training) dari Program Perjanjian PT PLN dengan Pendidikan Diploma Tiga (D3) Kerjasama Angkatan 2019 Politeknik Negeri Padang (PNP), Senin (30/08) siang tadi. Bertempat di Aula PLN UIW Sumbar, total 28 mahasiswa hadir dalam acara penyambutan tersebut, dengan tiga diantaranya bergabung lewat perangkat zoom meeting.

Hadir dalam acara penyambutan tersebut General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo, Manager UPDL Padang Muhammad Syafrudin, serta Manager Pengembangan Talenta PLN UIW Sumbar Harma Yulia.

Program magang ini merupakan rangkaian tahapan pembelajaran prajabatan untuk mahasiswa keluaran Program Kerjasama PT PLN dengan perguruan tinggi, setelah lebih kurang 4 semester mendapatkan pembinaan fisik dan karakter, pembelajaran materi bidang distribusi, dan pengenalan perusahaan. Nantinya, 28 mahasiswa tersebut akan disebar ke seluruh unit kerja di bawah koordinasi PLN UIW Sumatera Barat selama lebih kurang 6 bulan dan dibimbing oleh seorang pegawai yang bertindak sebagai mentor.

Toni Wahyu menyampaikan bahwa mayoritas lokasi penempatan magang adalah di Unit Layanan Pelanggan (ULP), yaitu unit kerja terdepan yang menjadi ujung tombak dalam pelayanan dan pekerjaan teknis PLN. ‘’Hasil akhir yang dinilai dari tahap magang ini adalah soft kompetensi dan pemahaman tentang proses bisnis (probis). Maka dengan penempatan magang di unit terdepan harapannya teman-teman bisa terlatih dan mengenal lebih banyak probis PLN,’’ jelasnya.

Baca Juga:  Polsek Nanggalo Dampingi Warga, Sukseskan Lomba Hatinya PKK

Toni Wahyu berharap, 28 mahasiswa magang kemudian dapat lulus dengan sempurna, mengingat mereka merupakan calon angkatan baru, pegawai generasi selanjutnya di PLN. ‘’Setelah magang ini teman-teman akan diuji atau uji sertifikasi. Harapannya semua lulus dengan nilai kompoten dan lebih dekat dengan lagi untuk menjadi pegawai generasi selanjutnya di PLN,’’ harapnya.

Moh Azhari, salah satu mahasiswa magang mengaku sangat bersyukur dapat sampai di tahap magang ini. ‘’Bisa bergabung dengan PLN adalah cita-cita saya, dan mungkin cita-cita banyak mahasiswa Teknik di luar sana. Semoga kami semua bisa lulus kompeten dengan menunjukkan etika baik, performa baik, dan soft kompetensi yang mumpuni sehingga dapat bergabung dengan PLN,” ungkapnya.(*)