Lantai 3 Gedung Olahraga HBT Terbakar

60
Petugas Damkar Kota Padang berusaha memadamkan api dari Gedung HBT Padang yang terbakar. (IST)

Lantai tiga gedung olahraga Himpunan Bersatu Teguh (HBT) di Jalan Kelenteng, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat hangus terbakar, Minggu (29/11) sekitar pukul 13.00. Beruntung dalam peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Pantauan Padang Ekspres, terlihat asap hitam membumbung tinggi dari lantai 3 gedung olahraga HBT. Bahkan asap hitam itu sempat mengganggu pandangan mata khususnya pengendara motor yang melewati jalan Pasar Tanah Kongsi.

Gedung olahraga yang berada persis di kawasan Pasar Tanah Kongsi itu membuat sejumlah pedagang yang berjualan di sana panik dan mencoba menyelamatkan barang dagangan mereka ke tempat yang lebih aman agar tidak ikut terbakar api.

Di lantai 1 gedung olahraga HBT, tampak beberapa alat latihan olahraga seni barongsai hangus terbakar seperti matras, tiang latihan, beberapa baliho, bendera perguruan, dan sejumlah alat latihan lainnya.

Ainan, 32, warga sekitar mengatakan, saat itu dirinya sedang berada di Pasar Tanah Kongsi yang persis di belakang gedung olahraga HBT yang terbakar untuk membeli sembako.
Kemudian tiba-tiba saja asap hitam terlihat keluar dari salah satu ruangan yang berada di lantai 3 gedung olahraga tersebut. Kontan warga berteriak ada kebakaran.

“Asap hitam dan kobaran api terlihat di lantai 3 gedung. Spontan saja, warga dan pedagang berteriak kebakaran dan menyelamatkan barang-barang dagangan mereka,”” jelasnya.

Ainan mengungkapkan, sambil menunggu mobil armada pemadam kebakaran (damkar) datang ke lokasi, sebagian warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya seperti dengan botol air mineral. “Jadi warga sekitar memanfaatkan barang-barang seadanya yang ditemukan di lokasi untuk mencoba memadamkan api yang membakar gedung itu,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Damkar Kota Padang, Dedi Henidal kepada awak media mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kebakaran di gedung olahraga HBT sekitar pukul 13.00.

Baca Juga:  Berbagi, KarajoElok.com Sebar Paket Bantuan untuk Disabilitas

Setelah mendapatkan laporan, personel damkar langsung diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api yang berlokasi di kawasan padat tersebut.  Dedi menyebutkan, objek yang terbakar itu merupakan lantai 3 gedung olahraga HBT dan berimbas ke lantai 1 tempat latihan olahraga seni pertunjukan Barongsai.

“Asal api diperkirakan dari lantai 3 gedung olahraga HBT. Di lantai 3 itu sendiri terdapat sejumlah dokumen, buku, dan surat-surat yang terbakar sehingga api cepat membesar,” jelasnya.

Dedi menambahkan, api yang membakar di lantai 3 itu kemudian merembet ke lantai 1 gedung olahraga dimana di lantai 1 itu merupakan tempat latihan olahraga seni pertunjukan Barongsai HBT. “Akibatnya alat-alat latihan Barongsai seperti matras, tiang, bendera, dan lainnya hangus dilahap si jago merah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dedi menyampaikan, beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak menyebar ke bangunan lainnya terutama kawasan Pasar Tanah Kongsi yang berada persis di dekat gedung olahraga HBT itu.

Namun Dedi mengungkapkan, dalam proses pemadaman, pihaknya sempat mengalami kesulitan terutama pada akses jalan masuk ke gedung olahraga HBT yang berada di kawasan padat dan ramai pengunjung. “Terlebih lokasi asal api yang berada di lantai 3, membuat personel kami harus menaiki beberapa bangunan supaya bisa menjangkau lokasi kebakaran,” tuturnya.

Lebih lanjut Dedi menyampaikan, proses pemadaman berlangsung sekitar 1 jam. Beruntung dalam kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.
Sementara itu, untuk penyebab pasti kebakaran dan kerugian materil yang ditimbulkan, Dedi menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan. (a)

Previous article70 Persen Surat Suara Sudah Dilipat, Hari Ini Ditargetkan Tuntas
Next articleHarga Emas Turun ke Rp 2.050.000, Daya Beli Naik Capai 70 Persen