Akhir Tahun 2021, Wali Kota Padang Lantik 317 Pejabat Eselon III dan IV

177

Sehari jelang tutup tahun 2021, Wali Kota Padang Hendri Septa melantik sebanyak 317 pejabat eselon III dan IV di lingkungan pemko. Pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat dalam Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dilakukan di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Kamis sore (30/12/2021).

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Padang No.474 Tahun 2021 tersebut, dilakukan sebagai bentuk implementasi penyetaraan jabatan. Tindaklanjut kebijakan penyederhanaan birokrasi mengacu perintah presiden dalam kerangka reformasi birokrasi, khususnya area penataan kelembagaan.

“Hari ini kita melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan fungsional 317 pejabat di lingkungan Pemko Padang. Sebanyak 312 orang di antaranya merupakan pejabat eselon IV dan 5 orang lagi eselon III. Kita tentu menyambut baik atas terselenggaranya pelantikan yang berlangsung hari ini di sebagian besar pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia,” ungkap Hendri Septa.

Hendri menerangkan bahwa pelantikan ini dijabarkan dalam Permenpan-RB No.17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional. Selain itu juga sesuai Permenpan-RB No.25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi serta berdasarkan persetujuan Mendagri, sehingga harus dilakukan pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Baca Juga:  6 Pendaftar Lolos Seleksi Administrasi Calon Sekko

“Reformasi struktural ini dilakukan agar lembaga/pemerintah daerah semakin fleksibel, semakin lincah dan bersifat kolaboratif ke depan. Jadi penyederhanaan birokrasi ini bertujuan mewujudkan kepemerintahan di era industri 4.0 demi pelayanan publik yang lebih prima serta birokrasi berkelas dunia,” terangnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu berharap melalui penyetaraan jabatan administrasi ke fungsional akan membuat pegawai di lingkup Pemko Padang semakin giat untuk meningkatkan kompetensi dan prestasi kinerja.

“Sehingga dengan itu dapat mendorong peningkatan kualitas kinerja. Begitu pula semakin mempercepat proses pelayanan bagi masyarakat dan proses pengambilan keputusan demi kesejahteraan masyarakat serta penyelenggaraan pemerintahan efektif dan efisien. Untuk itu mari kita bekerja dengan penuh dedikasi, dan capailah target kinerja dengan sebaik-baiknya,” ujar wali kota.

Dalam pelantikan tersebut hadir Pj Sekko Arfian beserta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal, Plt Inspektur Syuhandra serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.(eri)