Antisipasi Penyebaran Covid-19, Hari Ini Jalan Adinegoro Ditutup

Jalan Adinegoro tepatnya di perbatasan Kota Padang dengan Kabupaten Padangpariaman akan ditutup sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. (Adetio - Padek)

Pemko Padang menutup akses masuk ke Kota Padang di perbatasan Kota Padang dengan Kabupaten Padangpariaman, tepatnya Jalan Adinegoro Padang, hari ini, Selasa (31/3). Penutupan akses lalu lintas di Jalan Adinegoro tersebut sebagai salah satu upaya antisipasi penyebaran virus korona atau Covid-19 di Kota Padang.

Pantauan Padang Ekspres di lapangan, Senin (30/3), terlihat marka dan pemberitahuan penutupan sementara Jalan Adinegoro dipasang di pinggir jalan. Nantinya, kendaraan yang akan menuju Kota Padang dari Kabupaten Padangpariaman atau daerah lainnya, akan dialihkan ke Jalan Bypass Padang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri kepada Padang Ekspres, Senin (30/3) mengatakan, penutupan Jalan Adinegoro merupakan kebijakan yang diambil oleh Pemko Padang dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Padang.

Rencana awal penutupan akan dilakukan Senin (30/3), namun karena marka dan pengumuman harus dipersiapkan, maka rencana tersebut dimatangkan.

Dian menyebutkan, nantinya kendaraan yang akan masuk ke Kota Padang akan dialihkan ke Jalan Bypass Padang. Di sana, seluruh kendaraan yang akan masuk ke Kota Padang akan diperiksa oleh petugas di pos pemeriksaan.

Hal yang sama nantinya juga akan berlaku di pintu-pintu masuk atau perbatasan Kota Padang lainnya. Kendaraan yang akan masuk Kota Padang dari perbatasan Padang-Solok akan langsung dialihkan ke Jalan Bypass Simpang Lubukbegalung (Lubeg).

Sementara kendaraan dari perbatasan Padang-Pessel, juga dialihkan dan jalan masuk ke Jalan Sutan Syahrir, Matoaie akan ditutup sehingga kendaraan hanya bisa lewat Bypass Padang.

Lebih lanjut Dian menyampaikan, tujuan dari pengalihan jalan tersebut adalah untuk memfokuskan pemeriksaan kesehatan setiap masyarakat yang ingin ke Kota Padang dilakukan di Jalan Bypass Padang.

“Jadi kalau akses ke Kota Padang hanya satu pintu yaitu Jalan Bypass, petugas yang berada di pos-pos pemeriksaan jadi terbantu dan fokus terhadap pemeriksaan kesehatan para penumpang,” tukasnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota (Sekko) Padang, Amasrul mengatakan, akses masuk dari arah utara Kota Padang atau Jalan Adinegoro yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Padang Pariaman, akan ditutup hari ini (31/3).

“Kita baru menyelesaikan aturan-aturannya, dan sudah ditandatangani Pak Wali Kota. Insya Allah, hari ini akan ditutup,” kata Amasrul. (a/i)