Pemko Berlakukan Jam Malam

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (JPG)

Mulai Pukul 22.00 sampai Pukul 06.00 Dilarang Keluar Rumah

Berbagai langkah terus dilakukan Pemko Padang untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona atau Covid-19 di Kota Padang.

Pemko Padang mulai memberlakukan jam malam bagi warga Kota Padang. Di mana warga Kota Padang dilarang keluar rumah pada pukul 22.00 sampai 06.00. Kecuali untuk hal-hal yang mendesak seperti membeli kebutuhan pokok, berobat atau hal yang sangat penting dengan tetap memakai masker.

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, kebijakan tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kota Padang. “Instruksi ini berlaku untuk seluruh warga Kota Padang,” kata Mahyeldi.

Bagi masyarakat yang tidak mematuhi instruksi tersebut akan ditindak oleh pihak yang berwenang Satpol PP dan dibantu TNI/Polri dan lainnya.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Padang, Alfiadi kepada Padang Ekspres, Senin (30/3) membenarkan pemberlakuan jam keluar malam tersebut. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengawasan dan akan menindak bagi siapa saja yang tidak mematuhi instruksi wali kota tersebut.

Ia menjelaskan, instruksi tersebut merupakan salah satu cara dari Pemko Padang dalam upaya meminimalisir potensi terjadinya keramaian yang dilakukan oleh masyarakat pada malam hari. “Kita akan melakukan patroli rutin, terutama di pusat-pusat keramaian atau lokasi yang disinyalir menjadi tempat banyak orang berkumpul,” ujar Alfiadi.

Jika nantinya masih ada masyarakat yang keluar rumah tanpa ada keperluan yang sangat mendesak, maka Satpol PP tidak segan-segan menindaknya. (a/i)