Sukseskan Pemilu, Forum Komunikasi Sospol Digelar

ARAHAN: Kepala Kesbangpol Padang Tarmizi Ismail memberi sambutan sekaligus membuka Forum Komunikasi Sosial Politik di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, kemarin.(IST)

Dalam setiap kali pelaksanaan Pemilu, biasanya suhu politik akan meningkat. Bahkan tak jarang berdampak pada terjadinya konflik di masyarakat, baik vertikal maupun horizontal.

Oleh karena itu, agar Pemilu 2024 dapat berlangsung sukses, aman dan berkualitas, perlu dilakukan berbagai upaya antisipasi.

Semua pihak harus mengambil perannya masing-masing, karena peran serta masyarakat sangat menentukan sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang Tarmizi Ismail saat membuka Forum Komunikasi Sosial Politik di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Selasa (30/5).

Menurutnya, keberhasilan Pemilu ditentukan sejumlah indikator, diantaranya meningkatnya partisipasi pemilih dan tidak adanya konflik selama berlangsungnya Pemilu.

“Pemilu ini tidak akan sukses oleh pemerintah saja, tapi juga ada peran kita bersama dalam menyukseskannya. Semoga dengan sinergitas Pemko Padang dengan partai politik dan organisasi kemasyarakatan dapat menciptakan situasi yang aman, tentram dan kondusif dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 mendatang,” harap Tarmizi.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan persamaan persepsi serta hubungan harmonis, koordinatif dan kolaboratif diantara pemangku kepentingan serta aparat penegak hukum dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Baca Juga:  Sosialisasi Anugerah Humas LLDIKTI Wilayah X 2023, Tingkatkan Kompetensi

Serta mengantisipasi berbagai permasalahan yang dapat mempengaruhi stabilitas keamanan di wilayah Kota Padang.

Sementara itu, Ketua Panitia Fahlevi mengatakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan meningkatkan stabilitas keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang yang berasal dari unsur partai politik dan pimpinan lembaga social kemasyarakatan. Dengan mendatangkan narasumber Kepala Kesbangpol Propinsi Sumbar, Kepala Kantor Kesbangpol Padang, Ketua KPU Padang, Ketua Bawaslu Padang. (eri)