Panitia Kurban di Kompleks Perumdam IV Bagikan Daging ke Rumah

Anak-anak Kompleks Perumndam IV Tunggul Hitam, antusias menyaksikan sapi yang akan disembelih Sabtu (1/8/2020).

Panitia penyembelihan hewan kurban di Masjid Nurul Ihsan Kompleks Perumdam IV Tunggul Hitam menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Penyembelihan 18 hewan kurban kita lakukan besok, Sabtu (1/8/2020) mulai pukul 07.00 WIB. Pengurus masjid, panitia serta warga kompleks menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19,” kata Ketua Pengurus Masjid Nurul Ihsan, Muhammad Nasrizal, di Padang.

Nasrizal menyebutkan untuk penyembelihan, panitia pelaksanaan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, dan handsanitizer.

Peserta dikumpulkan dalam masjid, kemudian panitia memanggil tujuh orang untuk satu ekor sapi yang bakal disembelih. “Hal ini dilakukan menghindari penumpukan atau kerumunan masyarakat di saat penyembelihan hewan kurban oleh panitia di halaman masjid,” jelas Nasrizal.

Dia menambahkan, daging hewan kurban langsung diantarkan panitia kepada rumah-rumah. Panitia kerjasama dengan RT dan RW dalam pembagian daging hewan kurban. Kupon pun telah didistribusikan kepada masyarakat

“Panitia bekerja sama dengan RT dalam pembagiannya (daging kurban) langsung diberikan ke rumah warga sekitar Perumdam IV Tunggul Hitam guna mencegah kerumuman masyarakat saat pembagian daging hewan kurban,” ujarnya.

Sementara itu, Salat Idul Adha 1441 Hijriyah, Jumat (31/7/2020) tadi pagi, pengurus Masjid Nurul Ihsan mendatangkan ustad Prof Dr Hasdi Haimon. Saf diatur jaraknya lebih kurang satu meter.

“Warga muslim yang salat ied diwajibkan pakai masker, sebelum masuk masjid diukur suhu tubuhnya, dan menggunakan handsanitizer yang disediakan,” jelas Nasrizal. (rel)