Pemko Pariaman Pesan 100 Set APD dari Pengrajin UKM

APD dibuat oleh pengrajin UKM untuk memenuhi kebutuhan APD untuk Covid-19. (Foto: IST)

Dalam mengatasi keterbatasan alat pelindung diri (APD), Pemko Pariaman melalui Tim Gugus Tugas penanganan wabah Covid-19 memanfaatkan jasa pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di wilayah Kota Pariaman.

Jumlah APD yang dibuat melalui pengrajin tersebut adalah sebanyak 100 set berupa baju dan celana yang dijahit langsung oleh salah seorang pelaku UKM, Feri, 44, di Desa Sungai Sirah, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman.

Feri, yang sehari-hari berprofesi sebagai penjahit tersebut mengaku mendapat pesanan tersebut dari Pemko Pariaman melalui BPBD Kota Pariaman. Dan ia menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemko Pariaman untuk menjahit pakaian yang akan digunakan dalam melindungi diri petugas medis dalam penanganan Covid-19 di Kota Pariaman.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pariaman, Azman, menuturkan, pihaknya telah memesan APD melalui salah seorang pengrajin UKM yakni Feri yang merupakan salah seorang penjahit yang ada dalam wilayah Kota Pariaman.

“Kita memesan dan menjahitkan APD ini adalah dalam rangka upaya keterbatasan kita dalam membeli APD. Karena APD ini bisa dijahit, maka kita mengupayakan untuk penyediaannya melalui pengrajin ini,” ungkap Azman.

Mengenai model dan tata cara penjahitannya, Azman sampaikan ke pengrajin tersebut terkait bahan, bentuk, dan pola dari APD yang dijahit tersebut agar sesuai dengan standar aslinya dengan biaya jahit sebesar Rp 120 ribu/set dan sudah termasuk bahan.

Selanjutnya, kata Azman, APD ini akan ditempatkan di beberapa titik dalam wilayah Kota Pariaman. Terutama di posko-posko yang berada di perbatasan pintu masuk ke Kota Pariaman sebagai upaya bersiap-siaga jika sewaktu-waktu siap untuk digunakan oleh para petugas kita di Kota Pariaman.

Adapun posko-posko pemeriksaan Covid-19 bagi para perantau maupun pengunjung yang datang ke Kota Pariaman tersebut tersebar di empat titik perbatasan kota yakni Desa Padang Birik-Birik depan kantor Camat Pariaman Utara, Dusun Sampan Desa Punggung Lading dekat jembatan sampan, Desa Balai Kuraitaji dan Desa Pasir Sunur Kecamatan Pariaman Selatan. (*)