Dalam Waktu Dekat Lakukan Penilaian Harga Sewa

18
Pasar Rakyat Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman dalam waktu dekat akan melakukan penilaian harga sewa toko di Pasar Rakyat Pariaman bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang(KPKNL). Setelah itu baru diajukan dalam bentuk rancangan peraturan daerah (ranperda) penetapan harga sewa toko tersebut.

“Untuk saat ini hingga 6 bulan ke depan sewa toko di Pasar Rakyat Pariaman masih gratis. Hal ini karena kami masih menunggu kedatangan KPKNL untuk penilaian harga sewa toko,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pariaman Gusniyeti Zaunit kepada Padang Ekspres Rabu (31/3).

Nantinya, jika KPKNL sudah menilai harga sewa toko akan diusulkan untuk ranperda yang kemudian ditetapkan sebagai pertaruran (perda). Yet, begitu ia akrab disapa, optimistis prosedur penetapan sewa toko tersebut akan selesai dalam enam bulan mendatang.

Untuk pengelolaan pasar sendiri, sebut Yet, sudah ada UPTD Pasar Pariaman. Yet berharap agar para pedagang turut menjaga kebersihan pasar sehingga membuat pengunjung atau konsumen yang berbelanja menjadi lebih nyaman.

Pasar Rakyat Pariaman berlokasi di Jalan Sultan Syahrir, Kota Pariaman. Dibangun di atas lahan seluas 5.431 meter persegi dan memiliki tinggi bangunan empat lantai. Konstruksi atap dan beton sebagai shelter apabila terjadi bencana tsunami.

Baca Juga:  Kapasitas Jamaah Dikurangi, Pemko Pariaman Shalat Ied di Balaikota 

Pasar Pariaman juga akan dilengkapi dengan ramp di sisi selatan bangunan agar dapat dimanfaatkan sebagai lokasi evakuasi. Untuk sebagian peneranganya menggunakan solar cell. Pasar ini juga dilengkapi dengan eskalator. Keseluruhan anggarannya mencapai Rp. 89,74 miliar yang merupakan bantuan pemerintah pusat atau menggunakan APBN. (nia)

Previous articleDinas PU Benahi Infrastruktur Penunjang PRP
Next articleSDN 02 Durga jadi Tempat Isolasi Warga Positif Covid-19