Dinas PU Benahi Infrastruktur Penunjang PRP

12
Pembenahan infrastruktur penunjang Pasar Rakyat Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman terus melakukan renovasi dan perbaikan infrastruktur penunjang di kawasan Pasar Rakyat Pariaman (PRP). Di antaranya pengecoran di sisi jalan yang selama ini merupakan pasar penampungan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pariaman Asrizal menjelaskan, pengaspalan sisi jalan dilakukan karena jalan tersebut memang sudah rusak. Hal ini karna kontur tanah yang lunak sehingga mudah hancur.

Hal itu dilakukan kurang lebih sepanjang 140 meter. Selain itu Dinas PU Kota Pariaman juga melakukan penambalan sekitar lima titik lubang pada badan jalan. “Sebenarnya juga mendesak untuk dilakukan pengaspalan jalan menuju pasar. Mulai dari jembatan bekas bioskop karya hingga stasiun kereta api Pariaman. Sekitar kurang lebih 400 meter,” ujar Asrizal kepada Padang Ekspres, kemarin.

Namun karena keterbatasan APBD Kota Pariaman, saat ini PU Pariaman sudah melakukan pengusulan pengaspalan jalan di pasar tersebut ke Balai Pelaksana Jalan. Ia berharap semoga usulan tersebut bisa segera diproses sehingga jalan yang memang sudah berlubang tersebut bisa mendapatkan pengaspalan.

Baca Juga:  Kapasitas Jamaah Dikurangi, Pemko Pariaman Shalat Ied di Balaikota 

“Semoga sebelum peresmian pasar ini, permohonan pengaspalan jalan bisa diterima Balai Jalan. Paling tidak dua hari sebelum tanggal 6 April pengaspalan jalan masih bisa dilakukan,” ujarnya.

Selain jalan, pemasangan lampu hias di depan pasar rakyat sehingga lebih terang dan warga tak khawatir gelap pada saat berbelanja di Pasar Pariaman pada malam hari.
Pembenahan dan pembersihan lahan di sekitar pasar juga dilakukan termasuk Lapangan Merdeka Pariaman yang selama ini tertutup pasar penampungan.

Pembersihan lahan melibatkan seluruh unsur masyarakat mulai dari TNI, Polri, BPBD, Pol PP bahkan taruna SMKN 3 Pariaman. Sebelumnya Pasar Pariaman dijadwalkan diresmikan 30 Maret lalu. Namun kemudian diundur menjadi Selasa (6/4) mendatang. (nia)

Previous articlePecandu Narkoba Capai 60 Ribu, BNNP Sumbar Butuh Dukungan
Next articleDalam Waktu Dekat Lakukan Penilaian Harga Sewa