Tugas Kearsipan lebih Banyak Diaplikasikan dengan ICT

15
Rapat Koordinasi Pendataan dan Penataan Arsip Pemerintah Kota Pariaman Tahun 2020 di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (30/9/2020). (Diskominfo Pariaman)

Bagian Kearsipan dan Perpustakaan Sekretariat daerah Kota Pariaman menggelar Rapat Koordinasi Pendataan dan Penataan Arsip Pemerintah Kota Pariaman Tahun 2020 di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (30/9/2020).

Rapat dibuka oleh Asisten II Setdako Pariaman, Sumiramis didampingi Kabag Kearsipan dan Perpustakaan Setdako Pariaman, Nen Marni.

Sumiramis mengatakan bahwa kearsipan sebagai bagian dari unsur administrasi negara yang pokok.

“Tugas dan fungsi kearsipan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Penyelenggaraan fungsi kearsipan juga semakin penting dalam melaksanakan program pembangunan,” ulasnya.

Ia mengingatkan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi kearsipan ke depan. Sebab, tugas kearsipan akan lebih banyak diaplikasikan melalui sistem komputerisasi berbasis ICT (Information and Comunication Technology). Karena itu menurutnya, tugas-tugas kearsipan seharusnya tidak lagi dipenuhi dengan tumpukan kertas secara berlebihan tetapi diselenggarakan lebih mudah sekaligus efisien dan efektif.

Katanya, dalam penyelenggaraan kearsipan, terutama pengelolaan arsip statis menjadi tanggung jawab lembaga kearsipan. Sedangkan pengelolaan arsip dinamis meliputi arsip aktif, arsip inaktif dan arsip vital merupakan tanggung jawab OPD.

Baca Juga:  Plt Wako Ingatkan Warga tak Mudah Terprovokasi

“Bagi OPD yang melaksanakan penyusutan arsip melalui pemusnahan arsip yang tidak mempunyai nilai guna lagi memindahkan arsip dari central file ke record center dan menyerahkan arsip statis ke lembaga kearsipan. Sehingga tidak ada lagi arsip yang berserakan dan menumpuk tanpa didata dan ditata,” pungkasnya. (*)