BPBD Kota Pariaman Perkuat Kelompok Siaga Bencana

2

Sepanjang Tahun 2021 Bencana yang terjadi di Kota Pariaman sebanyak 50 bencana yang mana di dominasi dengan bencana pohon tumbang yang sudah tua, diakibatkan cuaca yang ekstrim. BPBD Kota Pariaman mengadakan kegiatan penguatan kelembagaan bencana untuk Kelompok Siaga Bencana (KSB).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPBD Kota Pariaman Azman usai membuka kegiatan penguatan kelembagaan bencana untuk kelompok siaga bencana se-Kota Pariaman di Aula BPBD Kota Pariaman, Kamis (2/12).

“Kegiatan penguatan kelembagaan bencana ini bertujuan untuk membentuk kepengurusan KSB (kelompok siaga bencana) tingkat Kecamatan dan Kota Pariaman. Dalam membentuk kepengurusan KSB Tingkat Kota Pariaman, diharapkan orang-orang terpilih yang memiliki jiwa sosial dan jiwa kemanusiaan yang tinggi,” ujarnya.

Peserta dalam kegiatan penguatan kelembagaan bencana tersebut sebanyak 100 orang, yang meliputi dari KSB desa/kelurahan se-Kota Pariaman.

Dengan adanya KSB ini nantinya kita akan berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengantisipasi dan menangani bencana yang terjadi maupun yang belum terjadi di Kota Pariaman.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, waspada dan jangan panik karena cuaca disaat-saat tertentu bisa berubah, jika hendak berteduh jangan berada di bawah pohon-pohon yang sudah tua. Apabila kita hendak keluar rumah terlebih dahulu memastikan situasi dan keamanan di dalam rumah seperti listrik dan kompor gas karena dalam beberapa hari terakhir ini sering terjadi kejadi kebakaran di sekitar kita. Bagi masyarakat nelayan maupun masyarakat umum atau wisatawan diharapkan untuk selalu melihat situasi dan kondisi jika berenang di pantai maupun di pulau,” harapnya. (*)