Pemko Pariaman Berencana Bangun Dermaga Pulau Ujuang

Walikota Pariaman, Genius Umar bertemu Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. (Foto: IST)

Walikota Pariaman, Genius Umar, Rabu (4/3), mendatangi kantor Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Ia diterima, Aryo Hanggono dari Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Tujuan kunjungan tersebut, adalah untuk menyampaikan beberapa program perencanaan di Kota Pariaman, diantaranya Pengelolaan pengembangan kawasan pesisir Kota Pariaman, pengembangan kawasan pulau di Pariaman, pengembangan konservasi wisata penyu, serta pengembangan ekonomi kerakyatan kelautan.

“Alhamdulillah, Pak Dirjen sangat mendukung perencanaan pembangunan Kota Pariaman karena hal ini menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat untuk mendukung daerah-daerah yang sangat serius untuk membangun, khususnya bidang kelautan dan perikanan ini,” ungkap Wako.

Genius mengaku Pemerintah Kota Pariaman akan konsen menata kawasan Pulau Angso Duo yang nantinya akan dibantu oleh Kementerian Kelautan RI dalam menggiatkan atraksi-atraksi wisata bahari.

“Beberapa perencanaan kegiatan dan pembuatan sarana prasarana seperti kolam renang laut terapung, arena pemancingan dan penanaman terumbu karang yang akan bermanfaat secara ekonomi, juga kita sampaikan kepada Pak Dirjen yang nantinya akan dilaksanakan di tahun 2021 mendatang,” jelas Genius.

Kemudian katanya, pengelolaan penyu akan ditata ulang mengikuti konsep kepariwisataan yang moderen dan milenial sehingga bisa dikelola oleh Pemko Pariaman, dimana saat ini kewenangan tersebut masih menjadi kewenangan Pemprov Sumbar.

Selain itu, Pemko Pariaman juga berencana membangun dermaga Pulau Ujuang untuk membantu pengembangan wisata bahari Kota Pariaman sehingga mampu menambahkan income daerah dan pendapatan masyarakat sekitar.

“Karena semua itu, kita sangat butuh dukungan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pembangunan Kota Pariaman dibidang kelautan,” tuturnya. (*)