KWT Bohai Berhasil Kelola Lahan Telantar

KWT Bohai berhasil menyulap lahan telantar menjadi lahan produktif. (Diskominfo Pariaman)

Sukses membina kelompok wanita tani (KWT) di Desa Rawang Kota Pariaman, sejumlah pejabat langsung mengunjungi kebun KWT Bohai Desa Rawang. Di kebun ini terdapat aneka tanaman yang ditanam secara organik.

Dibawah kepemimpinan Kepala Desa Rawang Syukri Heriadi Chan, yang telah berjalan lebih kurang selama 19 bulan semenjak dilantik menjadi kepala desa terpilih pada bulan Juni tahun 2019, kemajuan desa, hubungan kekerabatan dan silaturahmi antar sesama warga semakin terlihat dengan kebersamaan yang selalu mereka lakukan dengan masyarakat.

Salah satunya terlihat dari kerja sama mereka dalam membentuk dan membina Kelompok Wanita Tani (KWT) Bohai yang ada di Desa Rawang saat ini. Syukri Heriadi Chan menjelaskan, setelah dilantik tepatnya bulan Juni tahun 2019, di bulan Agustus 2019 kami membentuk KWT Bohai Desa Rawang. Bohai sendiri berarti Bersama Orang Haus Akan Ilmu. Total anggota sampai saat ini ada 30 orang, dengan tujuan salah satunya adalah untuk menjalin silaturahmi antar warga.

Syukri menjelaskan, dulunya KWT Bohai ini menumpang di tanah warga yang tidak termanfaatkan. Seiring berjalannya waktu akhirnya tanah tersebut dihibahkan oleh pemiliknya ke desa untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Rawang.

Baca Juga:  Harus Cerdas Baca Peluang Anggaran Pusat

Sampai saat ini KWT Bohai sudah beberapakali mengalami panen hasil dari tanaman mereka sendiri, seperti kacang panjang, jagung, pario atau pare, kacang tanah, sayur-sayuran, labu. Semua hasil panen tersebut dibagikan gratis ke masyarakat yang membutuhkan.

Untuk bibit tanaman yang ingin mereka tanam, mereka boleh meminta bantuan ke desa dan pkk apapun itu jenisnya. Ia tidak pernah memaksakan masyarakat untuk menanam apa yang tidak mereka inginkan. Hal ini yang menjadi salah satu pemicu bagi mereka untuk mau saling bantu dan bekerjasama dengan pemerintah desa, dalam memajukan desa.

Syukri mengaku bangga saat mendapat kunjungan mendadak dari Camat Pariaman Tengah, bersama rombongan dari Dinas Sosial, Asisten II Setdako Pariaman, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, dan Kabag Umum di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman. (nia)

Previous articleBaznas Pariaman Salurkan Zakat Rp 34,5 Juta
Next articleDPO, Oknum Anggota DPRD Diburu