Sampah Warga Desa Kampung Baru Dikelola Pihak Desa

11
Kepala Desa Kampung Baru, Rasyid dan petugas kebersihan yang sedang mengambil sampah masyarakat di rumah warga. (Foto: IST)

Terhitung mulai 1 Mei 2020 Pemerintah Desa Kampung Baru telah memberlakukan pengambilan sampah-sampah ke rumah warga melalui petugas kebersihan yang telah ditunjuk kepala desa.

Desa Kampung Baru terdiri dari tiga dusun, yaitu Dusun Utara, Dusun Tengah, dan Dusun Selatan. Sampah rumah tangga yang ada di tiga dusun tersebut dijemput dua petugas kebersihan menggunakan becak motor yang telah disediakan oleh desa.

Kepala Desa Kampung Baru, Rasyid mengatakan, saat ini pihaknya baru bisa menyediakan dua becak motor untuk menjemput sampah itu, dan kedua becak motor itu dibeli dari dana desa.

“Untuk satu bulan ini sampah rumah tangga yang ada di Desa Kampung Baru ini, kita gratiskan untuk pembayarannya sembari kita membagi-bagikan surat edaran tentang pengambilan dan pembuangan sampah kepada masyarakat. Dengan adanya edaran ini tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarang,” ungkap Rasyid, Rabu (6/5/2020).

Ia menjelaskan, sampah dijemput oleh petugas setiap harisnya dari pukul 6 pagi sampai dengan selesai.

Jadi warga meletakan sampah mereka di depan rumah dan petugas akan mengambil sampah tersebut dan dibuang ke tempat pengolahan sampah yang ada di Desa Jati di lokasi pasar produksi yang ada di Terminal Jati.

“Sebenarnya sampah yang ada akan kita olah sendiri di desa dengan memilah sampah basah dan kering. Akan tetapi karena adanya wabah Covid-19 ini rencana tersebut belum bisa kita lakukan.

Untuk tindak lanjut ke depannya kepada masyarakat akan dipungut retribusi sampah untuk masing-masing rumah tangga sekitar Rp 10 ribu dan untuk kedai atau toko Rp 15 ribu per bulan,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat lebih peduli lagi dengan kebersihan di lingkungan mereka masing-masing, dan mereka juga sadar akan hak dan kewajiban yang harus mereka lakukan setiap bulannya. (*)