Pengawasan ke Pulau Angso Duo Diperketat

9
PENGAWASAN: Wako Pariaman Genius Umar di terminal keberangkatan Muaro Pariaman untuk meninjau wisata ke Pulau Angso Duo.(IST)

Hari keempat libur Lebaran, Kamis (5/5) Wali Kota Pariaman Genius Umar melakukan peninjauan dan memantau langsung keberangkatan wisatawan yang akan berlibur menuju Pulau Angso Duo Kota Pariaman. Ini merupakan destinasi andalan wisata di Kota Pariaman.

“Ini kami lakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang melakukan penyeberangan ke Pulau Angso Duo. Disamping itu kita juga meninjau kondisi Pulau Angso Duo setelah sempat kita tutup karena kondisi cuaca,” ungkapnya jelang menyeberang ke pulau.

Sebelumnya, Selasa (3/5), 71 wisatawan diinapkan di Pulau Angso Duo akibat cuaca buruk. Rabu pagi (4/5), berhasil dievakuasi. Sejak dinyatakan sebagai daerah level 1 PPKM, Pemerintah Kota Pariaman bersama Forkopimda membuka objek wisata selama libur lebaran. Sejak dibuka objek wisata sampai hari keempat, sudah ribuan pengunjung yang berdatangan ke Kota Pariaman.

“Khusus untuk wisatawan yang ingin ke pulau, kami hanya buka satu pintu keberangkatan, yaitu di Muaro Kota Pariaman. Untuk kelayakan kapal, juga sudah kita lakukan pengecekan sebelum libur Lebaran. Artinya kapal yang beroperasi selama libur Lebaran telah dinyatakan layak beroperasi oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur,” tambahnya.

Ada 19 armada kapal yang disediakan oleh Pemko Pariaman untuk melayani wisatawan ke Pulau Angso Duo.  Semua kapal telah dilengkapi dengan alat-alat yang lengkap dan jumlah penumpang yang sesuai dengan kapasitas kapal.

Sebelum berangkat kepulau, penumpang juga didata terlebih dahulu sehingga penumpang yang berangkat dan pulang dari pulau, sesuai dengan data yang telah direkap petugas.

Genius berharap wisatawan yang berlibur ke Kota Pariaman selama libur Lbaran tidak terkendala apapun. Baik dari segi keamanan sampai kenyamanan selama berada di objek wisata Kota Pariaman.

Apabila ada kejanggalan selama berwisata di Kota Pariaman, wisatawan bisa meporkan langsung ke posko pengaduan yang telah kita siapkan. Sementara itu,pada Hari Pertama Festival Pantai, Kota Pariaman raup PAD Rp 40 juta lebih dari sektor pariwisata. Hal ini disampaikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar ketika menerima laporan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman.

“Jumlah tersebut berasal dari retribusi tiket masuk, dimana retribusi tiket masuk dstinasi Kota Pariaman sebesar Rp. 5.000 per orang, untuk di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh, sedangkan yang ke Pulau Angso Duo, retribusi sebesar Rp 10.000 per orang,” jelasnya.

Baca Juga:  Temui Menteri ATR/Kepala BPN, Genius Diskusikan PTSL dan Revisi RTRW

Genius mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan di ari pertama penyelenggaraan Festival Pantai Kota Pariaman ini mencapai 7.636 orang, yang datang berwisata baik perorangan, keluarga maupun berkelompok.

Dari data yang masuk, Laporan Retribusi Festival Pantai Pariaman 2022 hari ini, untuk di Pantai Gandoriah berjumlah sebanyak 4.015 orang dengan jumlah retribusi Rp 20.075.000. Pantai Kata 2.033 orang, dengan retribusi Rp. 10.165.000, dan Talao Pauh berjumlah 1.100 orang, dengan retribusi yang terkumpul Rp 5.500.000.

Khusus ke Pulau Angso Duo, Genius menjelaskan dihari pertama Festival Pantai Pariaman, berjumlah 488 orang, dengan retribusi sebesar Rp 4.880.000. Sehingga ketika ditotalkan retribusinya dari Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Talao Pauh dan Pulau Angso Duo, total retribusi hari pertama ini berjumlah Rp. 40.620.000.

“Alhamdulillah, hal ini menjadi angin segar bagi Pemerintah Kota Pariaman, karena selain PAD yang kita dapatkan, multiplier effect dari kunjungan 7.636 orang wisatawan ini, juga berimbas ke masyarakat yang berjualan atau pedagang yang menjual kuliner dan suvenir, sehingga perekonomian Kota Pariaman yang terjadi selama Festival Pantai nantinya, akan meningkat,” ujarnya.

Genius juga berharap, agar semua masyarakat Kota Pariaman dan wisatawan yang datang, untuk dapat menjaga ketentraman dan ketertiban, serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di destinasi wisata Kota Pariaman dan tempat umum.

Sedangkan di hari kedua Festival Pantai Pariaman Tahun 2022, wisatawan membeludak dan mencapai 50 ribu pengunjung datang ke Kota Pariaman. Wako mengatakan, di hari kedua Festival Pantai Pariaman Tahun 2022, pengunjungnya sangat ramai dan membeludak.

“Terhitung Rabu (4/5) ada 50 ribu pengunjung datang ke Kota Pariaman yang tersebar di delapan titik destinasi wisata Pariaman,” ucapnya.

“Di sepanjang 12 KM adalah kawasan pantai yang ada di delapan destinasi wisata Kota Pariaman,” imbuhnya. Di hari kedua raup PAD Rp 53 juta lebih dari retribusi tiket masuk destinasi wisata di Kota Pariaman. (nia)