Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Pariaman Sudah Akreditasi B

13

Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman, Raih Sertifikat Akreditasi B, berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) Nomor KP-DRJD 5127 Tahun 2022, yang ditandatangani Dirjen Hubdar Kemenhub RI, Hendro Sugiatno.

Sertifikat Akreditasi B ini diserahkan oleh perwakilan Ditjen Hubdar kepada Kepala Dishub Kota Pariaman, Afwandi, di Kantor Kemenhub RI, Jalan Medan Merdeka Barat No 8 Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, Kamis (4/8).

“Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Perhubungan, sesuai dengan instruksi dari Bapak Wali Kota, Genius Umar, kita terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bidang transportasi dan keselamatan angkutan jalan, demi terselenggaranya transportasi yang aman, nyaman dan berkeselamatan,” ujar Afwandi, Sabtu (6/8).

Ia mengatakan bahwa Sertifikat Akreditasi ini, merupakan pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor, telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengujian berkala kendaraan bermotor.

“Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Pariaman, Sebelumnya telah mempunyai Akreditasi C dan dengan adanya peraturan yang baru, Akreditasi C saat ini dinyatakan tidak berlaku untuk melakukan uji kendaraan bermotor, setelah kita urus kembali dan lengkapi persyaratannya, alhamdulillah sekarang telah naik jadi Akreditasi B,” tukasnya.

Baca Juga:  Pemko Pariaman Bangun Rumah Singgah Anak Yatim di Cubadak Air

Dengan diraihnya akreditasi B ini, Kepala Dishub Kota Pariaman ini berharap masyarakat yang mempunyai Kendaraan angkutan barang atau angkutan penumpang, untuk antusias membawa kendaraanya untuk uji Kir (Keur), setiap semesternya.

“Pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Kota Pariaman harus semakin baik dari sisi kuantitas dan kualitasnya, dalam melakukan uji kendaraan bermotor sebagai sarana untuk mengetahui kelayakan kendaraan bermotor, sehingga keselamatan berlalu lintas dijalan akan lebih terjamin,” tutupnya.

Selain serah-terima Sertifikat Akreditasi, Afwandi juga berkoordinasi dengan Kepala Biro Perencanaan Kemenhub, Dr H Robby Kurniawan SSTP MSi. Pertemuan ini Afwandi membahas pengajuan Bantuan Bus dari Kemenhub dan kegiatan yang mendukung transportasi.

Seperti kata pepatah “sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”, selain serah terima Sertifikat Akreditasi UP PKB Dinas Perhubungan Kota Pariaman dan pengajuan bus bantuan, lulusan STPDN ini juga langsung menyelesaikan syarat administrasi, untuk bus yang telah diterima Kota Pariaman di tahun lalu, ke kantor Isuzu Astra Motor di Jakarta. (*)