10 Kamar Isolasi Beroperasi Bulan Depan

32
Wali Kota Pariaman Genius Umar foto bersama dengan jajaran RSUD Sadikin Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Pemerintah Kota Pariaman telah menyiapkan 10 kamar isolasi di RSUD Dr Sadikin Pariaman. Itu untuk operasional ruangan isolasi dan perawatan Covid-19. Dijadwalkan sudah bisa melayani warga yang terpapar Covid-19 pada Februari mendatang.

Kepala RSUD Dr Sadikin Pariaman Arlina Azra menjelaskan, saat ini pengerjaan 10 unit kamar itu sudah selesai. Masing-masing kamar dilengkapi 1 tempat tidur. “Saat ini kami masih mempersiapkan tenaga medis dan kelengkapan sarana dan prasarana penunjang,” ujar Arlina Azra kepada Padang Ekspres di RSUD Dr Sadikin Pariaman, Rabu (6/1).

Dokter Era begitu ia akrab disapa menjelaskan, untuk sumber daya manusia (SDM) yang mendesak dibutuhkan saat ini adalah dokter umum dan perawat. Untuk dokter umum kebutuhan idealnya mencapai 8 orang.

Dokter umum ini minimal dua orang harus ada pada satu shift. Karna untuk ruang isolasi dan perawatan Covid-19 harus ada dokter yang menjaga setiap waktu atau 24 jam.
Sementara itu, saat ini RSUD Sadikin sudah memiliki jadwal kunjungan secara referall dokter spesialis paru dan anstesi dari RSUD Pariaman.

Baca Juga:  Enam Aset Vital Telah Menjadi Milik Pemko Pariaman

Namun demikian sebut Era, ia juga mengajukan pengusulan dokter paru dan anestesi agar jika terjadi kondisi ruangan penuh, pelayanan kepada pasien tetap bisa optimis. Sedangkan untuk perawat kebutuhannya mencapai 10 orang perawat.

Pada sarana dan prasarana kebutuhan mendesak selain alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat, masker, dan faceshield, juga dibutuhkan beragam alat penunjang medis lainnya. ”Semoga Februari seluruh kebutuhan sudah terpenuhi sehingga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Genius Umar melakukan kunjungan ke RSUD Dr Sadikin Pariaman, Selasa (5/1). Melalui kunjungan tersebut Genius Umar melihat langsung bagaimana pelayanan terhadap masyarakat. Termasuk kelengkapan sarana dan prasarana di RSUD Dr Sadikin Pariaman. (nia)